Sukses

Airlangga Hartarto Prediksi Golkar Akan Dapat 102 Kursi DPR

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto masih menunggu hasil konversi Pileg 2024 ke kursi DPR RI oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, dia memprediksi partainya akan mdndapatkan 102 kursi di parlemen.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto masih menunggu hasil konversi Pileg 2024 ke kursi DPR RI oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, dia memprediksi partainya akan mdndapatkan 102 kursi di parlemen.

"Kita tunggu saja. Sekitar 102 kursi," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (25/3/2024).

Sebelumnya, Partai Golkar menyatakan sangat puas dengan penetapan hasil Pemilu 2024 yang telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik soal kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres serta peningkatan sekitar 6 juta suara untuk Pileg dibandingkan lima tahun lalu.

"Tahun 2004 di bawah kepemimpinan Bapak Akbar Tanjung kita mendapatkan kursi yang cukup besar, setelah itu turun, turun, turun, dan sekarang rebound," tutur Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich di DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat, Kamis (21/3/2024).

Dalam Pemilu 2024 ini, Partai Golkar meraih 23.208.654 suara atau sekitar 15,29 persen suara sah nasional. Hal itu cukup jauh meningkat dibandingkan 2019 lalu, yang hanya mengamankan 17.229.789 suara atau 12,31 persen suara sah.

Artinya, suara Golkar melonjak sebanyak 5.978.865 suara di Pemilu 2024. Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia pun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia atas kepercayaannya terhadap partai berlambang pohon beringin itu.

"Kami cukup berbahagia bisa mengantarkan Pak Prabowo dan Mas Gibran menjadi presiden dan wakil presiden," kata Doli.

"Kami berterima kasih masyarakat Indonesia masih memberikan kepercayaan kepada Partai Golkar," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Pilkada 2024, Golkar Mulai Panaskan Mesin Saksi

Pasca raihan suara maksimal pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Badan Saksi Nasional Partai Golkar (BSNPG) kini bersiap konsolidasikan pemenangan Pilkada 2024 mendatang.

Sekretaris BSNPG Azhar Adam menyatakan, BSNPG tidak ada liburnya untuk mengkonsolidasikan pasukan yang telah terbentuk saat Pileg lalu.

"Kami sudah mulai panaskan mesin saksi dan susun strategi untuk pemenangan Pilkada yang akan dilaksanakan November nanti," kata Adam seperti dikutip dari siaran pers diterima, Sabtu (23/3/20245).

Menurut Adam, saat ini BSNPG memiliki 700 ribu data lengkap dengan nama, nomor kontak para saksi yang murni kader dan simpatisan partai Golkar.

"Karena saksi Pileg 2024 seluruhnya merupakan kader dan simpatisan Golkar maka, setiap calon kepala daerah dari Golkar siap dibunyikan proses pemenangannya dari sekarang," jelas Adam.

Bukan hanya itu, 514 pengurus BSNPG Kabupaten/Kota dan 38 pengurus BSNPG Provinsi Se Indonesia juga dipastikan solid dalam proses pemenangan Pilkada nanti.

"Kami satu komando dalam melaksanakan program-program strategis DPP yang berkaitan dengan Pemenangan Pemilu. Seluruh pengurus kami di kabupaten, kota, maupun provinsi masih satu barisan dan satu komando," yakin Adam.

3 dari 3 halaman

Susun Strategi

Adam mengungkap, saat ini BSNPG beserta sejumlah direktur-direktur di dalamnya juga tengah menyusun rancangan strategis untuk menghadapi Pilkada. Sebab, peran saksi dalam momentum politik sangat penting.

“BSNPG ambil pilihan mempersiapkan lebih dini untuk memantapkan kemenangan Golkar di seluruh Pilkada," dia menandasi.

Sebagaimana diketahui, sistem data personalia saksi Golkar saat ini disusun untuk pemenangan-pemenangan politik partai Golkar, karena BSNPG sudah hadir ditingkat TPS dan akan segera dilaksanakan apel saksi se-Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini