Sukses

KPU Sebut Penetapan Hasil Pemilu 2024 Kemungkinan Setelah Buka Puasa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih harus menuntaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional untuk Provinsi Papua dan Papua Pegunungan sebelum menetapkan hasil Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih harus menuntaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional untuk Provinsi Papua dan Papua Pegunungan sebelum menetapkan hasil Pemilu 2024.

Kemungkinan, hal itu baru terlaksana usai maghrib atau selepas berbuka puasa.

Komisioner KPU RI, August Mellaz menyampaikan, usai rapat pleno dari kedua provinsi itu, pihaknya masih harus melakukan proses pencermatan dokumen sebelum penetapan hasil Pemilu 2024.

“Akan ada waktu buat kami melakukan pencermatan dokumen-dokumen yang diperlukan,” tutur Mellaz di KPU RI, Menteng, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

“Kita ambil jeda sampai menjelang ibadah berbuka puasa (untuk penetapan hasil Pemilu 2024),” sambungnya.

Sejauh ini, sebanyak 36 provinsi sudah menuntaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara nasional. Penetapan hasil Pemilu 2024 pun dilakukan mengikuti dinamika rapat pleno Provinsi Papua dan Papua Pegunungan.

Dengan adanya agenda rapat pleno dua provinsi terakhir, kemungkinan penetapan Hasil Pemilu 2024 akan dilakukan malam hari.

“Teoritisnya begitu (malam hari). Nanti pada rapat pleno provinsi kita lihat dinamikanya, setelah ditetapkan kita cek dokumen-dokumen kan,” kata Mellaz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Umumkan Penetapan Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan secara resmi mengumumkan penetapan pemenang Pemilu 2024 hari ini, Rabu (20/3/2024).

Sejumlah personel keamanan gabungan pun disiagakan untuk menjaga ketat gedung di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat tersebut.

Pantauan Liputan6.com, masuk pukul 09.00 WIB jajaran personel gabungan melakukan apel pagi dalam rangka persiapan pengamanan. Ruas jalan menuju KPU dan sebaliknya pun tampak telah ditutup.

 

3 dari 3 halaman

Penutupan Jalan

Penutupan jalan mengarah ke KPU RI tampak dilakukan cukup jauh, yakni di lampu merah depan Taman Suropati. Sementara untuk Jalan Hos Cokroaminoto mengarah ke Kuningan dan sebaliknya tetap dibuka normal.

Kendaraan Brimob pun disusun di setiap pintu jalan depan KPU RI. Hal itu dalam rangka mengantisipasi terjadinya aksi unjuk rasa yang memang terus dilakukan sejumlah pihak, baik di gedung penyelenggara pemilu hingga DPR MPR dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebelum pengumuman pemenang Pemilu 2024, KPU RI mesti menuntaskan rapat pleno terbuka penghitungan suara nasional dengan sisa dua provinsi yakni Papua dan Papua Pegunungan. Rencananya, agenda tersebut dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini