Sukses

Meutya Hafid Yakin Kembali Lolos ke DPR RI dengan Suara 147.004: Inilah Perjuangan

Calon legislatif (caleg) Partai Golkar dari daerah pemilihan Sumatera Utara 1 (Sumut 1), Meutya Hafid diprediksi akan kembali ke Senayan sebagaj anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029.

Liputan6.com, Jakarta Calon legislatif (caleg) Partai Golkar dari daerah pemilihan Sumatera Utara 1 (Sumut 1), Meutya Hafid diprediksi akan kembali ke Senayan sebagaj anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029.

Meutya yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Komisi 1 DPR tercatat meraih suara sah sebanyak 147.004 dari hasil rekapitulasi penghitungan suara sesuai data DA1 hasil pleno PPK di seluruh kecamatan Dapil Sumut 1.

Diketahui, Dapil Sumut 1 meliputi Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi.

Meutya mengaku bersyukur dengan suara yang diraihnya di Pemilu 2024. Sebab, suaranya meningkat signifikan dari Pileg 2019 yang saat itu diketahui mendapat 87 ribu suara.

"Syukur Alhamdulillah, penghitungan suara sesuai data DA1 hasil pleno PPK di seluruh kecamatan Dapil Sumut 1, saya memperoleh suara sebanyak 147.004. Ini sebuah kenaikan signifikan dari perolehan suara dari Pemilu 2019 yang lalu," ujar Meutya Hafid dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/3/2024).

Wanita yang juga Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar ini juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Provinsi Sumatera Utara khususnya yang berada di Dapil Sumut 1, KPU, Bawaslu, TNI-Polri dan unsur relawan yang telah mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan baik.

"Inilah perjuangan di mana masyarakat masih mempercayai saya dan Partai Golkar. Semoga amanah ini bisa kita perjuangkan terus bagi rakyat di wilayah Sumatera Utara," kata dia.

Dari 10 caleg DPR RI yang berpeluang lolos ke Senayan sesuai real count KPU, Meutya Hafid merupakan satu-satunya perempuan yang terpilih di dapil Sumut 1. Artinya, periode 2024-2029 merupakan periode keempat bagi Meutya Hafid berada di kursi parlemen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Peraih Kursi DPR RI di Dapil Sumut 1

Sebagai informasi, di Dapil Sumut 1 terdapat sejumlah tokoh nasional yang ikut berkontestasi untuk memperebutkan 10 kursi di DPR RI. Berdasarkan data KPU, Partai Golkar berada di urutan kedua sekaligus mengamankan 2 kursi DPR RI di Dapil Sumut 1, Meutya Hafid dan mantan Wagub Provinsi Sumut Musa Rajekshah.

Peringkat pertama diraih PDIP yang juga mendapat 2 kursi untuk Sofyan Tan (incumbent) dan Menkumham Yassona Laoly.

Posisi ketiga diisi Partai Gerindra dengan 2 kursi di Dapil Sumut 1, M Husni (incumbent) dan Ade Jona Prasetyo sebagai pendatang baru.

Selanjutnya kursi DPR RI dari PKB di Dapil Sumut 1 diraih oleh mantan Bupati Deli Serdang dua periode, Ashari Tambunan.

Kemudian, nama Prananda Surya Paloh dari Partai Nasdem juga tercatat terpilih di Dapil Sumut 1 bersama mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring serta pendatang baru dari Partai Demokrat, Muhammad Lokot Nasution.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seorang jurnalis dan pembawa acara yang kini menjadi anggota partai Golkar.
    Seorang jurnalis dan pembawa acara yang kini menjadi anggota partai Golkar.

    Meutya Hafid

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Golkar