Sukses

Efek Positif Usung Anies, Raihan Suara NasDem Kota Bogor Melejit

Selain pengusungan Anies Baswedan, sumber calon legislatif (caleg) milenial menjadi salah satu pendongkrak suara NasDem di Kota Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Partai NasDem Kota Bogor menikmati hasil positif dari pengusungan Anies Baswedan sebagai calon presiden nomor urut 01 dalam Pilpres 2024.

"Efek Anies Baswedan memang ada, sebab di Pemilu 2014 dan 2019, partai NasDem selalu stagnan di satu kursi. Tapi di Pemilu 2024 NasDem mengalami peningkatan signifikan yaitu mencapai 4 kursi," kata Ketua DPD Partai NasDem Kota Bogor, Benninu Argoebie, Senin (26/2/2024).

Berdasarkan hasil tabulasi internal partai pada Pemilu Legislatif 2024, NasDem Kota Bogor meraup 30.126 suara. Sementara pada Pemilu 2019, hanya meraih 19.400 suara atau satu kursi. Dengan jumlah perolehan suara ini, NasDem memastikan bisa meraih empat kursi DPRD Kota Bogor.

"Sambil menunggu hasil kepastian dari pleno KPU, namun dari hasil C1 yang dihimpun NasDem sudah mencapai 99 persen. Insyaallah kami besok mempunyai satu fraksi atau empat kursi DPRD Kota Bogor," terangnya.

Selain pengusungan Anies Baswedan, sumber calon legislatif (caleg) milenial menjadi salah satu pendongkrak suara NasDem di Kota Hujan.

"Dua caleg milenial banget, usianya di bawah 40 tahun, dan dua caleg berumur di atas 40 tahun. Ini yang menghantarkan empat caleg milenial melenggang ke DPRD Kota Bogor," ucapnya.

Adapun perolehan suara terbanyak tersebar di daerah pemilihan (Dapil) 5 Bogor Utara, Dapil 3 Bogor Barat, Dapil 1 Bogor Timur- Bogor Tengah, dan Dapil 2 Bogor Selatan.

Kemudian Dapil 5 Bogor Utara diraih oleh Benninu Argoebie dengan 6.861 suara untuk kursi ke-9, Dapil 3 Bogor Barat diraih caleg petahana Devie Prihartini Sultani dengan 5.551 suara untuk kursi ke-11.

Selanjutnya, Dapil 1 Bogor Timur - Bogor Timur Tengah diraih oleh Tri Riyanto Andhika Putra yaitu sebanyak 5.848 suara untuk kursi ke-9. Dapil 2 Bogor Selatan diraih Fajar Muhammad Nur dengan 6.841 suara untuk kursi ke-9. Diketahui keduanya merupakan caleg debutan pertama pada Pileg 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu Hasil Penghitungan

Hingga saat ini, kata Benninu, pihaknya masih menunggu hasil perhitungan suara NasDem dari Dapil 4 Tanah Sareal. Data terakhir tercapai 5.025 suara di dapil tersebut.

"Kami masih melihat potensi yang ada di Dapil Tanah Sareal. Secara umum, capaian ini merupakan hasil kerja sama dan kerja keras yang dibuktikan oleh semua caleg, serta para pengurus partai," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.