Sukses

Lima Catatan Apik Ridwan Kamil untuk Berlaga di Pilkada DKI Jakarta

Baliho Ridwan Kamil yang menginformasikan dirinya OTW ke Jakarta menjadi perbincangan dan viral di media sosial. Baliho itu dimaknai sebagai pesan Ridwan Kamil bakal berlaga di Pilgub Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Baliho Ridwan Kamil yang menginformasikan dirinya OTW ke Jakarta menjadi perbincangan dan viral di media sosial. Baliho itu dimaknai sebagai pesan Ridwan Kamil bakal berlaga di Pilkada DKI Jakarta.

Terkait hal itu, Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih atas perhatian serta dukungan yang telah diberikan oleh semua pihak terkait hal tersebut.

”Terimakasih atas dukungan dan antusiasme masyarakat. Namun saya harap masyarakat bersabar. Mohon tunggu di 29 Februari 2024,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (23/2/2024).

Meski belum terang benderang, jika benar mantan Gubernur Jawa Barat dan Wali Kota Bandung tersebut akan berlaga di Pilgub Jakarta, Ridwan Kamil mengantongi banyak modal, berikut daftar modal Ridwan Kamil OTW ke Jakarta:

1. Kantongi Rekomendasi Golkar

Ridwan Kamil mengaku pasca Pemilu 2024 dirinya tak hanya ditugaskan maju di Pilgub Jabar, dari Golkar dia juga mendapat rekomendasi untuk maju di Pilgub DKI Jakarta. Menurutnya ada dua pucuk surat tugas yang dia terima dari DPP Golkar.

"Saya itu mendapatkan dua surat penugasan (dari DPP Golkar) satu di Jabar, dua di DKI, jadi suratnya dua," kata dia di GOR C-Tra Arena, Bandung, Kamis (23/11/2023).

Kontribusi Ridwan Kamil untuk Golkar juga dinilai nyata dengan raihan suara Golkar dalam Pemilihan Umum Legislatif dimana angka partai berlambang pohon beringin tersebut kini ada di posisi kedua setelah PDI Perjuangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ahli Tata Kota

2. Ahli Tata Kota

Ridwan Kamil sebelum menjadi Wali Kota Bandung hingga Gubernur Jawa Barat dikenal sebagai praktisi dan dosen arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB). Buah tangannya sudah tersebar hingga ke Benua Asia dan Eropa. Ciri khas dari desain karya pria yang akrab disapa Kang Emil itu adalah filosofi yang mendalam dalam setiap goresannya.

Melalui firma arsitektur Urbane, karya Ridwan Kamil tersebar di berbagai daerah Indonesia seperti Jakarta dan mancanegara. Mulai masjid yang terbuat dari batako yang terbuat dari abu letusan gunung merapi, Museum Tsunami di Aceh, sekolah anti gempa di Pangalengan Bandung, kawasan elit di Kuningan Jakarta, superblok di Tiongkok, sampai rancangan kawasan di Syiria.

Salah satu karyanya yang monumental di dalam negeri adalah Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh. Museum itu menggambarkan bagaimana rakyat Aceh bersedih dan bangkit dari bencana alam yang terjadi pada 2004 silam. Kemudian, Marina Bay Waterfront di Singapura. Dan juga Ningbo Newtown di Tiongkok, sebuah rancangan kota baru dan dianggap sebagai salah satu kota masa depan.

Tak hanya mendesain bangunan dan kawasan publik, lulusan Universitas California Berkeley itu juga getol merancang desain masjid di dalam dan luar negeri. Salah satu karyanya Masjid Raya Al Jabbar kini jadi bangunan ikonik di Kota Bandung setelah Gedung Sate.

Tak kurang dari dua puluh penghargaan berkaitan dengan karya arsitektur dan tata kota diraih oleh Ridwan Kamil. Rancangan masjid Al-Irsyad yang ia persembahkan untuk almarhum ayahnya, diganjar Top 5 best Building of The year 2010 oleh ArchDaily, dan menjadi satu dari 25 masjid terindah di dunia versi Complex Magazine.

 

3 dari 4 halaman

Elektabilitas dan Popularitas Tinggi

3. Elektabilitas dan Popularitas Tinggi

Selain itu, Ridwan Kamil bukan nama asing bagi warga Jakarta. Ia tercatat mendapatkan dukungan paling tinggi dari warga Jakarta apabila maju sebagai Gubernur Jakarta 2024 mendatang.

Hasil ini tergambar dari survei yang dirilis oleh Populi Center bertajuk “PERMASALAHAN PENTING DAN DINAMIKA POLITIK JAKARTA” yang dilakukan 9-16 Oktober 2022 lalu terhadap 600 responden di 60 kelurahan yang ada di DKI Jakarta.

Peneliti Populi Center Dimas Ramadhan dalam keterangan resminya menuturkan dalam sebuah sesi pertanyaan survei pihaknya mengajukan pertanyaan mengenai masa depan kepemimpinan DKI Jakarta selanjutnya. Populi menyodorkan 24 tokoh [12 teratas dan 12 terbawah].

“Saat masyarakat DKI Jakarta ditanyakan mengenai dukungan mereka terhadap 24 tokoh yang disebutkan, Ridwan Kamil menjadi yang paling banyak mendapatkan dukungan maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2024, yaitu sebesar 69,7 persen,” katanya dikutip Jumat (21/10/2022).

Setelah Ridwan Kamil, kemudian diikuti dengan Sandiaga Salahuddin Uno (67,7 persen), Anies Baswedan (66,2 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (55 persen). Adapun nama-nama lain mendapatkan dukungan di bawah 50 persen.

 

4 dari 4 halaman

Pernah Jabat Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar

4. Sukses Memimpin Kota Bandung dan Jawa Barat

Pengalaman dan kesuksesan memimpin Ridwan Kamil akan menjadi modal penting jika berlaga di Pilgub DKI. Ia sukses memimpin Kota Bandung hingga membawanya terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat (Jabar).

Selama lima tahun memimpin Jabar, Ridwan Kamil tercatat telah menerima 555 penghargaan penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional. Ia juga memupus angka desa tertinggal dan sangat tertinggal hingga nol (0) di akhir masa jabatannya. Ridwan Kamil juga sukses membangun masjid monumental Masjid Raya Al Jabbar, merevitalisasi alun-alun dan situ di berbagai kabupaten - kota.

Ridwan Kamil juga membawa Pemprov Jabar sebagai provinsi yang menerapkan sistem merit terbaik di Indonesia, hingga mempertahankan Jabar sebagai juara umum PON dan melahirkan program-program inovatif seperti Petani Milenial, Jabar Quick Response, hingga penanganan Covid-19.

5. Memenangkan Prabowo-Gibran di Jabar

Kemenangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 di Jabar tidak lepas dari sosok Ridwan Kamil. Didapuk sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jabar Prabowo-Gibran, pasangan nomor urut 02 tersebut mengemas kemenangan dalam versi hitung cepat di berbagai lembaga survei.

Hasil perhitungan cepat atau quick count 5 lembaga survei dalam Pemilihan Presiden-Wakil Presiden atau pilpres 2024 di Jabar menunjukan keunggulan Prabowo-Gibran dibanding dua pasang calon lainnya dengan angka di atas 55 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.