Sukses

Gibran Ingin Sowan ke Paslon 01 dan 03, Ini Kata Anies

Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, merespons pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka yang ingin sowan ke cawapres nomor urut 1 dan 3 usai keluarnya hasil quick count pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, merespons pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka yang ingin sowan ke cawapres nomor urut 1 dan 3 usai keluarnya hasil quick count pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Menanggapi hal itu, Anies mengatakan, proses pemilu 2024 belum sepenuhnya usai. Sehingga tidak ada alasan untuk bertemu putra sulung Presiden Jokowi itu.

"Ya nanti saja kalau sudah beres semua," kata Anies Baswedan di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024).

Sebelumnya, pernyataan Gibran ingin bertemu dengan paslon 1 dan 3 disampaikan dalam pidato kemenangan bersama calon presiden Prabowo Subianto di Istora Senayan, Rabu malam (14/2/2024).

Dalam pidatonya, Gibran mengakui bahwa dirinya tiga bulan lalu bukanlah siapa-siapa. Putra Presiden Jokowi itu mengaku kerap diremehkan dalam kontestasi pilpres 2024.

"Tiga bulan lalu saya bukan siapa-siapa. Saya masih dikatain plonga-plongo, dikatain Samsul, dikatain takut debat, tapi yang jelas ini berkat dukungan doa bapak ibu semua, saya dan Pak Prabowo, saya sekarang sudah ada di sini," ujar Gibran dalam pidato dan deklarasi kemenangan.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Prabowo karena telah memberi kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi pendamping di pilpres 2024.

"Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Prabowo yang sudah memberikan ruang untuk anak-anak muda seperti saya. Memberikan ruang bagi kami menjadi bagian dalam perjalanan menuju Indonesia emas," ucap Gibran.

Tak hanya itu, Gibran mengatakan ingin bertemu dengan pasangan capres-cawapres peserta pilpres 2024 lainnya yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Saya juga secara pribadi ingin segera ke paslon nomor 1, paslon nomor 3," kata Gibran.

Menurut Gibran, keinginannya bertemu pihak Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud adalah wujud persaudaraan.

"Karena sekali lagi, kita semua bersaudara, kita semua bersaudara," ujar Gibran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Ingin Bertemu, Ganjar: Belum Dikontak

Sementara itu, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku belum dihubungi oleh Gibran perihal ajakan pertemuan.

"Belum dikontak," kata Ganjar Pranowo singkat di Gedung High End, Kebon Jeruk, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Lembaga Centre for Strategic and International Studies (CSIS) telah merampungkan hitung cepat atau quick count pilpres 2024 pada Jumat, (16/2/2024) dengan total suara yang masuk sudah 100 persen.

Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran masih unggul telak atas dua kompetitornya, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Capres-cawapres nomor urut 2 itu unggul dengan persentase 58,22 persen, diikuti pasangan Anies-Muhaimin dengan 24,94 persen, dan Ganjar-Mahfud 16,84 persen.

Adapun hitung cepat ini dilakukan menggunakan populasi 2.000 TPS yang tersebar di 38 provinsi. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling.

Sedangkan untuk tingkat kepercayaan quick count ini 95 persen dengan margin of error ±1%. Quick count ini paling tidak melibatkan 1 juta pemilih.

 

3 dari 3 halaman

Gibran: Teman-teman PDIP Sudah Kasih Ucapan Selamat

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka meminta masyarakat agar tetap menunggu hasil resmi penghitungan suara pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Ya ditunggu saja hasilnya," kata Wali Kota Surakarta tersebut, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (16/2/2024) seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan yang paling penting adalah pelaksanaan pemilihan umum di Solo bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Itu yang paling prioritas," kata Gibran Rakabuming Raka.

Meskipun belum ada pengumuman kemenangan, ia mengakui sudah menerima ucapan selamat dari sejumlah pihak.

"Teman-teman dari PDIP juga sudah ngasih selamat. Enggak usah disebutkan siapa," ucap Gibran.

Gibran mengatakan dirinya tidak menutup kemungkinan akan menjalin komunikasi dengan pasangan calon nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Ya nanti, kalau beliau-beliau sudah memberikan saya kesempatan untuk sowan (silaturahmi)," katanya.

Dia berharap dalam waktu dekat rencana tersebut dapat segera terwujud.

"Ya untuk komunikasi ya memang belum, tapi saya sangat berharap dalam waktu dekat bisa ngobrol santai sarapan pagi atau ngopi-ngopi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.