Sukses

8 Pernyataan Prabowo Subianto Sampaikan Pidato di GBK Senayan saat Kampanye Akbar Terakhir Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta - Waktu kampanye Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 sudah berakhir pada Sabtu 10 Februari 2024. Dan pada saat kampanye akbar yang berlangsung kemarin, ketiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pun menggelar di lokasi yang berbeda-beda.

Pasangan capres cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memilih menggelar kampanye akbar terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta.

Membuka orasinya, Prabowo Subianto meminta maaf kepada masyarakat Jakarta karena kampanye akbar di GBK pada Sabtu 10 Februari 2023. Pasalnya, kata dia, jumlah masyarakat yang hadir ke GBK melebihi ekspektasi.

"Saya mohon maaf pada rakyat Jakarta yang telah mengalami kemacetan. Karena yang hadir (ke GBK) melebihi yang diperkirakan," kata Prabowo saat pidato pada kampanye akbar bersama cawapres pendampingnya Gibran Rakabuming Raka.

Dia mengatakan awalnya hanya 200.000 masyarakat yang diprediksi hadir. Namun nyatanya ada 600.000 masyarakat yang hadir pada kampanye akbar Prabowo-Gibran di GBK Jakarta.

"Kita perkirakan yang datang 200.000, tapi laporannya yang datang hampir 600.000," ucap Prabowo.

Prabowo terharu melihat lautan manusia di GBK. Perasaan haru diungkap Prabowo Subianto saat menyampaikan sambutan di podium. Dia tak henti-henti menghaturkan terimakasih kepada simpatisan dan pendukung yang secara sukarela hadir memenuhi kawasan GBK.

"Terima kasih saudara telah datang dari tempat yang jauh. Saudara-saudara sekalian terimakasih saudara-saudara dengan sabar dengan semangat dengan gemuruh datang berbodong-bondong. Luar biasa, luar biasa," kata Prabowo.

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat.

"Jangan jadi bangsa yang kerdil, jangan mau diadu domba terus oleh bangsa bangsa asing, jangan mau kita dibohongi terus. Kita harus menjadi negara yang hebat. Negara yang makmur dan karena itu kita harus menjaga kerukunan, kita harus menjaga persatuan kita," kata Prabowo.

Berikut sederet pernyataan Prabowo Subianto saat kampanye akbar pada Sabtu 10 Februari 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Minta Maaf Bikin Macet dan Sampaikan Terima Kasih kepada Pendukung

Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto meminta maaf kepada masyarakat Jakarta karena kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu 10 Februari 2024 menyebabkan kemacetan. Pasalnya, kata dia, jumlah masyarakat yang hadir ke GBK melebihi ekspektasi.

"Saya mohon maaf pada rakyat Jakarta yang telah mengalami kemacetan. Karena yang hadir (ke GBK) melebihi yang diperkirakan," kata Prabowo saat pidato pada kampanye akbar bersama Gibran Rakabuming Raka di GBK Jakarta, Sabtu 10 Februari 2024.

Dia mengatakan awalnya hanya 200.000 masyarakat yang diprediksi hadir. Namun nyatanya ada 600.000 masyarakat yang hadir pada kampanye akbar Prabowo-Gibran di GBK Jakarta.

"Kita perkirakan yang datang 200.000, tapi laporannya yang datang hampir 600.000," ujar Prabowo.

Prabowo pun memutuskan untuk memajukan acara kampanye akbar yang mulanya dijadwalkam pada pukul 15.00 WIB. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah mulai hadir di GBK Jakarta sejak pukul 09.00 WIB pagi.

"Harusnya acara siang hari ini jam 15.00 siang. Tapi saya dapat laporan saudara datang dari jam 09.00 WIB pagi. Jadi saya putuskan acara kita percepat," tutur Prabowo.

Dia pun mengaku terharu melihat lautan manusia di GBK. Perasaan haru diungkap Prabowo Subianto saat menyampaikan sambutan di podium. Dia tak henti-henti menghaturkan terimakasih kepada simpatisan dan pendukung yang secara sukarela hadir memenuhi kawasan GBK.

"Terima kasih saudara telah datang dari tempat yang jauh. Saudara-saudara sekalian terimakasih saudara-saudara dengan sabar dengan semangat dengan gemuruh datang berbodong-bondong. Luar biasa, luar biasa," kata Prabowo.

Prabowo bersama pasangannya Gibran Rakabuming Raka dan Koalisi Indonesia Maju memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengorbanan simpatisan dan relawan.

 

3 dari 9 halaman

2. Prabowo Tak Rela Pendukungnya Kepanasan dan Kehausan di GBK

Massa pendukung paslon Prabowo-Gibran membludak di SUBGBK Senayan, Jakarta pada Sabtu 10 Februari 2024. Bahkan tak sedikit dari mereka yang berjatuhan pingsan akibat terpapar sinar matahari yang begitu menyengat saat kampanye akbar Prabowo-Gibran berlangsung.

Prabowo pun langsung menghentikan sejenak pidatonya untuk minta panitia turun tangan memberikan air kepada para pendukung dan simpatisan yang hadir.

Momen itu terjadi saat Prabowo menyampaikan pidato politiknya dalam kampanye akbar bertajuk 'Pesta untuk Indonesia Maju' yang digelar di Stadion GBK, Senayan, Jakarta.

Awalnya Prabowo menyapa sejumlah tokoh nasional dan lintas agama yang hadir, mulai dari Wiranto, Agum Gumelar, Sutanto, Dudung Abdurachman, Evert Ernest Mangindaan, Muhammad Herindra, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Gus Miftah, Erick Thohir, Bahlil Lahadalia, Soekarwo atau Pakde Karwo, Emil Elestianto Dardak, Ridwan Kamil, Agus Gumiwang Kartasasmita, Muhammad Lutfi, Budiman Sudjatmiko, Fahri Hamzah, Fadli Zon, Ginandjar Kartasasmita, Theo L Sambuaga, Hashim Djojohadikusumo, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto, Khofifah Indar Parawansa, Airin Rachmi Diany, Meutya Hafid, Linda Amalia Sari atau Linda Gumelar, hingga Wismoyo Arismunandar.

Prabowo mengungkapkan alasannya menyapa semua tokoh yang datang. Menurut dia, ini adalah bentuk penghargaan dan penghormatan kepada mereka.

"Saudara saudara sekalian minta maaf satu persatu tokoh nasional saya sebut karena mereka menghormati kita, kita harus menghormati mereka," ujar Prabowo.

Setelah itu, Prabowo memanggil ajudannya yang bernama Rizky Irmansyah. Dia berdiri di sebelahnya.

"Panitia ambil air," kata Prabowo

"Saudara-saudara sekalian sabar-sabar tolong dibantu," ujar Prabowo.

Prabowo kemudian mengimbau kepada pendukung dan simpatisan untuk tidak memaksakan diri.

"Saudara-saudara yang merasa tidak kuat berdiri bisa pelan-pelan keluar istirahat di luar supaya nanti yang di luar mungkin gantian bisa di dalam. Iya jangan dipaksa kalau terlalu panas keluar," ujar Prabowo.

Melihat kondisi di depan panggung, Prabowo kembali memanggil ajudannya yang lain, Mayor Inf Teddy Indra Wijaya. Mereka pun berbisik-bisik kecil.

"Dibantu, panitia mungkin bisa disiram air," kata Prabowo.

Tak lama setelah itu, Teddy bergegas ke belakang panggung. Dia mengambil beberapa dus air mineral dan dibagikan kepada pendukung dan simpatisan yang berada di mulut panggung.

 

4 dari 9 halaman

3. Dihadiri SBY, Prabowo Sebut Sebuah Kehormatan Besar Baginya

Presiden ke-6 Republik Indonesia yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menghadiri kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kampanye akbar Prabowo-Gibran bertajuk 'Pesta untuk Indonesia Maju' itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Sabtu 10 Februari 2024.

Kehadiran SBY pun membuat Prabowo Subianto merasa terhomat. Hal itu diungkapkan Prabowo saat menyampaikan pidato politiknya dalam kampanye akbar terakhir tersebut.

Awalnya, Prabowo meminta izin untuk memperkenalkan sejumlah tokoh yang hadir di hadapan pendukung dan relawannya.

"Saudara-saudara saya minta izin menyapa tokoh-tokoh nasional yang hadir hari ini bersama kita, yang berada bersama kita di GBK siang hari ini. Saya minta izin menyapa mereka," kata Prabowo.

Prabowo awalnya menyapa calon wakil presiden Republik Indonesia Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda yang dilanjut dengan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

"Hari ini kita mendapat kerhormatan besar, saya mendapat kehormatan besar, hadir presiden keenam Republik Indonesia Jenderal TNI Purn Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY," ujar Prabowo Subianto.

Selain itu, Prabowo juga menyapa Ketum Partai Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta, Ketum PSI Kaesang Pangarep.

Ada juga Ketum Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) Agus Jabo Priyono, Ketum Gerakan Perubahan Indonesia atau Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, Ketum Projo Budi Arie Setiadi, mantan politikus PDIP, Maruarar Sirait atau Ara dan relawan-relawan yang hadir.

 

5 dari 9 halaman

4. Tegaskan Jangan Mau Diadu Domba Bangsa Asing Harus Jaga Persatuan, Janji Kekayaan Indonesia Dikelola Rakyat

Kemudian, Prabowo Subianto mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat.

"Jangan jadi bangsa yang kerdil, jangan mau diadu domba terus oleh bangsa bangsa asing, jangan mau kita dibohongi terus. Kita harus menjadi negara yang hebat. Negara yang makmur dan karena itu kita harus menjaga kerukunan, kita harus menjaga persatuan kita," kata dia.

Prabowo mengatakan, budaya gotong-royong harus terus digaungkan demi mewujudkan Indonesia menjadi negara yang hebat.

"Kita harus menjaga suasana kerja sama saling membantu saling mendukung yang kuat mengangkat yang lemah, yang kaya membantu yang miskin, yang pinter mengajar orang yang belum pintar baru Indonesia akan menjadi negara hebat saudara-saudara sekalian," ujar dia.

Prabowo menjelaskan, pasangan Prabowo-Gibran bersama Koalisi Indonesia Maju sudah menghitung dan mengkaji Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa. Karena itu, Prabowo-Gibran berjanji bila terpilih akan menjaga dan mengelola kekayaan untuk dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia.

"Itu tekad kami. Itu tekad kami. Kekayaan Indonesia dinikmati seluruh rakyat Indonesia," ujar dia.

Selain itu, bila pasangan Prabowo-Gibran menerima mandat rakyat akan memimpin untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Kami akan menjadi presiden wakil presiden untuk seluruh rakyat Indonesia, termasuk yang memilih 01 dan termasuk yang memilih 03 kami akan membela seluruh rakyat Indonesia saudara-saudara sekalian," terang Prabowo.

 

6 dari 9 halaman

5. Tegaskan Akan Jadi Presiden Seluruh Rakyat Indonesia, Termasuk yang Pilih 01 dan 03

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto berjanji bahwa dirinya dan Gibran Rakabuming Raka akan menjadi presiden dan wakil presiden untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Termasuk masyarakat Indonesia yang memilih pasangan calon (paslon) nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Saya menyatakan apabila nanti Prabowo-Gibran menerima mandat dari rakyat, apabila nanti 14 Februari kita dipilih oleh rakyat, kami akan memimpin Indonesia, seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo.

"Kami akan jadi presiden, wakil presiden untuk seluruh rakyat Indonesia. Termasuk yang memilih paslon 01 dan termasuk yang memilih paslon 03. Kami akan membela seluruh rakyat," sambungnya.

Dia menyampaikanbahwa Indonesia berpotensi menjadi negara kelima terkaya dan terkuat di dunia. Prabowo menyebut hal tersebut bisa terwujud apabila semua masyarakat bersatu, hidup damai, dan tak mudah diadu domba.

"Kita tidak boleh pecah belah, kita tidak boleh saling mencurigai, saling menjelek-jelekan, saling mengejek, saling mefitnah, tidak boleh.Kita harus bersatu supaya kita menjadi negara yang hebat, rakyat kita makmur, kita hilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia," kata Prabowo.

 

7 dari 9 halaman

6. Beri Syarat Calon Menteri Kabinetnya Harus Setuju Program Makan Siang Gratis

Prabowo Subianto menekankan bahwa program makan siang gratis untuk anak-anak akan dijalankan apabila dirinya terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029.

Bahkan Prabowo menegaskan, siapapun yang ingin menjadi menteri dalam kabinetnya harus setuju dengan program makan siang gratis.

"Saya katakan nanti siapa yang mau masuk kabinet, siapa yang mau menjadi menteri saya, harus setuju anak-anak harus diberi makan siang. Kalau kau tidak setuju enggak usah gabung di kabinet Prabowo Subianto," ucap Prabowo dalam pidato politiknya saat kampanye akbar di GBK.

Menurut dia, pihak yang menyebut program makan siang gratis tidak penting adalah orang yang tak waras dan tidak cinta Tanah Air. Prabowo menjelaskan bahwa program makan siang gratis bertujuan agar anak-anak Indonesia pintar dan cerdas.

"Kita akan kasih makan siang untuk semua anak-anak Indonesia. Yang tidak setuju mungkin sebaiknya belajar lagi. Yang tidak setuju anak-anak Indonesia dikasih makan siang (gratis) kebangetan," ujarnya.

"Saya tidak ragu-ragu, Prabowo-Gibran tidak ragu-ragu. Kami akan memberi makan siang untuk anak-anak Indonesia," sambung Prabowo.

 

8 dari 9 halaman

7. Ajak Masyarakat ke TPS pada 14 Februari 2024 Mendatang

Prabowo Subianto mengajak seluruh masyarakat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya di hari pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada 14 Februari mendatang.

Prabowo awalnya menyampaikan bahwa masa kampanye sudah berakhir. Dia pun menghaturkan terima kasih kepada seluruh relawan dan simpatisan yang setia mendukung pasangan Prabowo-Gibran di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Saudara-saudara sekalian, hari ini adalah hari penutupan kampanye untuk presiden-wakil presiden dan wakil-wakil rakyat tahun 2024. Kita ini sekarang adalah penutupan kampanye, saudara saudara sekalian. Untuk itu saya atas nama Prabowo-Gibran dan atas nama Koalisi Indonesia Maju saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia, kepada seluruh pendukung Prabowo-Gibran. Terimakasih atas dukunganmu," kata Prabowo.

Prabowo lalu menyampaikan bahwa hari pemungutan suara semakin dekat. Terhitung empat hari lagi bangsa Indonesia akan melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara untuk memilih pemimpinnya.

Prabowo pun mengajak masyarakat datang berbondong-bondong ke TPS pada Rabu, 14 Februari 2024. Sebab, kata dia, nasib bangsa ke depan akan ditentukkan oleh rakyatnya sendiri lewat pemilihan umum.

"Kita menentukan pilihan untuk masa depan kita dan masa depan anak-anak kita dan masa depan cucu-cucu kita. Saudara saudara sekalian tanggal 14 Februari, kita semua akan menentukan masa depan anak-anak kita dan cucu-cucu kita saudara-saudara sekalian," ujar dia.

Prabowo kemudian menyampaikan bahwa pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran dan Koalisi Indonesia Maju akan berjuang untuk menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia bila diberi mandat oleh rakyat.

"Kami berjuang untuk membawa kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami akan melanjutkan apa yang sudah dibangun oleh presiden-presiden sebelum ini," ucap Prabowo menandaskan.

 

9 dari 9 halaman

8. Berdoa di Kampanye Terakhir, Ingin Hilangkan Kemiskinan hingga Beri Rakyat Rumah

Prabowo memanjatkan doa di penghujung pidatonya saat kampanye akbar terakhir bertajuk 'Pesta untuk Indonesia Maju' yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu 10 Februari 2024.

Prabowo membacakan doa sebagai penutup pidatonya dalam kampanye pamungkas tersebut.

"Saya berdoa Kehadirat Yang Maha Kuasa, saya berdoa Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Tuhan Maha Besar, Tuhan Maha Kuasa yang menguasai sekalian alam, hanya kepada-MU-lah kami berdoa meminta pertolongan," kata Prabowo.

Dalam doanya, Prabowo meminta diberikan kekuatan untuk melindungi segenap rakyat Indonesia bila diberi mandat menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029.

"Ya Allah Ya Tuhan, berilah kekuatan kepada kami agar kami kuat menerima amanat dari rakyat Indonesia, agar kami memiliki kemampuan, kearifan, kecerdasaan, keberanian, kejujuran, keikhlasan untuk melindungi rakyat Indonesia," ucap Prabowo.

Prabowo juga menyampaikan tekadnya untuk mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia.

"Menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia, untuk memberi makan kepada mereka yang susah makan, untuk memberi sekolah kepada mereka yang susah sekolah, untuk mencarikan pekerjaan yang layak untuk mereka yang susah dapat pekerjaan," ujar Prabowo.

"Untuk memberi rumah bagi mereka yang belum punya rumah. Ya Allah berilah kami kekuatan, berilah kami kekuatan untuk kami terus setia kepada rakyat dan bangsa Indonesia. Terima kasih Ya Allah, terima kasih atas segala yang Kau berikan, terimaksih atas ridho-MU, terima kasih atas segala karunia yang Kau berikan," kata Prabowo mengakhiri doanya.

Lalu pada saat menutup pidato, Prabowo membacakan sebuah pesan dari seorang pemuda yang digugur di medan perang. Pesan itu tertulis dalam secarik keras dan ditemukan di dalam saku celana pemuda tersebut.

"Saya sekarang mau menutup pidato saya dengan mengutip tulisan yang ditinggalkan seorang pemuda umur 21 tahun yang gugur dalam pertempuran di Tangerang tahun 1946. Di dalam saku ditemukan secarik kertas," kata Prabowo.

Berikut tulisannya dari secarik kertas tersebut seperti dikutip berdasarkan ucapan dari Prabowo.

"Kita tidak sendirian rakyat beribu-ribu orang bergantung pada kita, rakyat yang tak pernah kita lihat rakyat yang mungkin tak akan pernah lihat kita. Tetapi apa yang kita lakukan akan menentukkan apa yang terjadi kepada mereka," ujar Prabowo.

Prabowo kemudian menambahkan pesan tersebut. "Apa yang terjadi pada mereka kepada anak-anak mereka dan kepada cucu-cucu mereka saudara saudara-saudara sekalian," ujar Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo menyampaikan, pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran berpeluang besar memenangkan kompetisi Pilpres 2024. Dia pun berpesan kepada pendukungnya untuk tetap bersikap rendah hati dan menjaga sopan-santun.

"Saudara saudara sekalian kemenangan di hadapan kita. Kita tidak boleh lengah, kita tidak boleh sombong kita rendah hati. Kita sopan satun. Jangan mau diprovokasi, jangan curang jangan menyakiti orang lain. Kiat berbuat baik, kita berbuat baik," ujar dia.

"Saudara saudara sekalian kita menyongsong estafet kebaikan presiden keenam menyerahkan ke presiden ke tujuh, insyaallah menyerahkan ke delapan insyaallah Prabowo-Gibran berbakti dan mengabdi kepada rakyat Indonesia," Prabowo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.