Sukses

Ganjar Berencana Nyoblos di Semarang saat Pemilu 2024

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku akan nyoblos di Kota Semarang, Jawa Tengah saat pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku akan nyoblos di Kota Semarang, Jawa Tengah saat pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024. 

"Sepertinya di Jawa Tengah saya di Semarang karena KTP saya masih Semarang," kata Ganjar di kawasan Salatiga, Jawa Tengah pada Selasa (23/1/2024).

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) merlis waktu pencoblosan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di sejumlah kota-kota di luar negeri.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, penetapan hari dan tanggal pemungutan suara di tempat pemungutan suara luar negeri atau (TPSLN) ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan KPU bernomor 1811 tahun 2023.

Berdasarkan salinan surat keputusan diterima Liputan6.com, Jumat, (19/1/2024) setiap kota di belahan negara memiliki waktu yang berbeda dan lebih cepat atau sama dengan waktu pemungutan suara di dalam negeri.

Berikut daftar tanggal dan kota yang dikategorikan berdasarkan tanggal paling awal hingga mendekati jadwal di Indonesia, 14 Februari 2024.

Tanggal 5 Februari 2024: Ho Chi Minh City dan Hanoi di Vietnam.

Tanggal 6 Februari 2024: Panama City di Panama

Tanggal 8 Februari 2024: Tehran di Iran

Tanggal 9 Februari 2024:

Amman di Yordania, Kepulauan Seychelles, Baghdad di Irak, Dhaka di Bangladesh, Doha di Qatar, Khartoun di Sudan, Kuwait City di Kuwait, Manama di Bahrain, Muscat di Oman, Riyadh di Saudi, Sana’a di Yaman.

Tanggal 10 Februari 2024:

Abu Dhabi, Abuja, Alger, Berlin, Bern, Bogota, Brasilia, Bratislava, Budapest, Brussel, Buenos Aires, Canberra, Cape Town, Caracas, Chicago, Colombo, Dakar, Damaskus, Darwin, Den Haag, Dubai, Frankfurt, Hamburg, Havana, Helsinki, Houston, Islamabad, Jedah, Kairo, Kopenhagen, Kyiev, Lima, Lisabon, Los Angeles, Maputo, Marseilles, Melbourne, Mexico City, Moskow, Mumbai, Nairobi, New Delhi, New York, Oslo, Ottawa, Paris, Perth, Phnom Penh, Praha, Pretoria, Quitto, San Fransisco, Sarajevo, Seoul, Sofia, Stockholm, Suva, Sydney, Tashkent, Toronto, Tripoli, Vancouver, Vatikan, Vientiane, Warsawa, Washington DC, Wina, Windhock, Zagreb.

Tanggal 11 Februari 2024:

Addis Ababa, Ankara, Athena, Baku, Bandar Seri Begawan, Bangkok, Beirut, Beograd, Bucharest, Dar Es Salaam, Davao City, Dili, Istanbul, Johor Baru, Karachi, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, London, Madrid, Manila, Noumea, Osaka, Paramaribo, Penang, Port Moresby, Rabat, Roma, Santiago, Singapura, Songkhla, Tawau, Tokyo, Tunis, Yangon

Tanggal 13 Februari 2024: Hongkong

Tanggal 14 Februari 2024: Guangzhou, Beijing, Madagaskar, Astana, Shanghai, Taipei, Vanimo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Ajak Seluruh Santri dan Pelajar Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak para santri dan pelajar untuk ikut dan berperan serta dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung 14 Februari 2024 mendatang. Dia ingin para santri dan pelajar menggunakan hak pilihnya dengan baik di Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri Apel Santri dan Pelajar Emas 2045 serta Silaturahmi dengan para Guru Ngaji se-Pulau Jawa yang digelar di Lapangan Sepak Bola Taman Rekreasi Kalianget, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Senin, 22 Januari 2024.

"Saya mengajak seluruh santri dan pelajar untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun 2024, menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya, dan menjadi bagian dari kemajuan bangsa ini," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa (23/1/2024).

Dia juga mengajak para santri dan pelajar untuk memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

"Santri dan para pelajar punya kesempatan yang sangat besar untuk berkontribusi bagi kemajuan negara kita di berbagai daerah yang berbeda-beda," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah terus berupaya memberikan dorongan dan semangat besar terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di Tanah Air.

Oleh sebab itu, Jokowi mengingatkan para santri dan pelajar untuk menguasai berbagai bidang ilmu dalam rangka memenangkan kompetisi antarindividu maupun antarnegara.

"Tanpa itu sulit rasanya kita bisa melompat menjadi negara maju," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Jokowi ingin agar para pelajar dan para santri dapat menjadi contoh bagi generasi muda Indonesia untuk terus mencintai negara, menjaga persatuan dan kesatuan, serta menyebarkan Islam yang toleran, moderat, dan ramah.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dalam kegiatan ini adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat. 

3 dari 3 halaman

Tangkal Hoaks Pemilu 2024, Gen Z Harus Berpikir Kritis

Fenomena hoaks, misinformasi, isu identitas, sentimen terhadap SARA, juga ujaran kebencian yang kerap muncul di media sosial menjelang pemilu 2024 semakin menjadi perhatian serius.

ICT Watch, sebuah lembaga yang fokus pada edukasi literasi digital mengakui Gen Z yang sebagian besarnya adalah pemilih pemula atau first-time voters saat Pemilu 2024, memiliki peran yang signifikan dalam menyebarkan maupun membantah hoaks. Kecenderungan yang kuat di media sosial membuat mereka lebih rentan terhadap informasi palsu.

"Jangan sampai mereka yang harusnya berpartisipasi malah jadi ikut terprovokasi juga oleh berita-berita palsu atau misinformasi di media sosial," ujar Defira, Program Manager ICT Watch dalam Virtual Class bertajuk “Antisipasi Hoaks Pemilu, Apa Peran Krusial Gen Z?” Liputan6.com, Jumat (29/9/2023).

Di era digital ini, Generasi Z memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam menciptakan pemilu 2024 yang bersih dari hoaks. Dengan kesadaran dan pengetahuan teknologi mereka, Gen Z bisa membantu meminimalkan dampak negatif hoaks dan memastikan informasi yang mereka terima dan bagikan adalah informasi yang akurat dan bermanfaat dalam pemilu.

Agar tidak mudah terpengaruh dengan hoaks, Defira juga menjelaskan masyarakat, khususnya Generasi Z harus memiliki kemampuan berpikir kritis atas informasi apapun yang diterima di internet.

"Nomor satu yang paling penting adalah bagaimana caranya kita tetap berpikir kritis, tidak mudah terpancing, tersulut emosi, dan jangan mudah juga percaya dengan setiap informasi yang diterima di internet," ujarnya menambahkan.

Selain itu, ia juga menjelaskan metode A-B-C yang bisa digunakan saat mendapatkan informasi yang terindikasi hoaks di internet.

A untuk Amati. Saat menerima informasi di internet, masyarakat perlu mengamati isinya karena jika tidak diamati dengan teliti, masyarakat mungkin tidak akan menemukan kejanggalan dan langsung saja membagikan informasi tersebut tanpa tahu bahwa informasi tersebut adalah sebuah hoaks.

"Jadi, amati dulu isinya karena mungkin foto-foto dalam informasi tersebut adalah foto lama yang digunakan kembali untuk membuat konten lain yang menjerumuskan ke hal-hal negatif.".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Pemilu