Sukses

Anies Bakal Bangun Lapangan Sepak Bola Berstandar FIFA di Ambon: Gratis Digunakan Rakyat

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan, bakal membangun fasilitas lapangan sepak bola berstandar FIFA di Ambon jika terpilih dalam Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan, bakal membangun fasilitas lapangan sepak bola berstandar FIFA di Ambon jika terpilih dalam Pilpres 2024. Anies menyebut lapangan sepak bola itu nantinya akan dibangun di kampung-kampung Kota Ambom, Maluku.

"Saya baca buku Jalan Lain ke Tulehu (karya Zen RS). Sepak bola ini bagian dari kultur disini, betul tidak? Bagian dari kebudayaan, karena itu harus kita berikan kesempatan untuk bibit-bibit muda tumbuh berkembang," kata Anies dalam acara 'Desak Anies' di Ambon, Maluku, Senin (15/1/2024).

Anies menyampaikan, di Ambon sepak bola terbukti menjadi salah satu alat pemersatu. Bahkan, kata Anies sampai jadi cerita 'Cahaya Dari Timur' yang telah difilmkan.

"Kami ingin agar sepak bola ini tumbuh Jadi apa yang kami lakukan kami akan membangun lapangan-lapangan sepak bola di kampung-kampung yang berstandar FIFA," ujarnya

Anies menerangkan, fasilitas sepak bola itu akan dibangun sesuai standar FIFA, mulai dari rumput dan tribbun penonton. Meski tak lugas, dia merujuk Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang ia bangun kala menjabat gubernur DKI Jakarta.

"Rumputnya berstandar FIFA, jangan diganti-ganti nanti rumputnya ya, tolong jangan diganti-gantu karena ganti-ganti bikin repot nantinya. Ini lapangan sepak bola rakyat rumputnya standar FIFA dengan ada tribun penonton dan ini gratis digunakan oleh rakyat," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerita Pengalaman Bangun JIS

Anies bercerita soal pengalamannya membangun stadion sepak bola berstandar FIFA di Jakarta, yakni JIS. Stadion itu, lanjut Anies dibangun di kawasan permukiman padat penduduk di Jakarta Utara.

Anies menyatakan, di sana dia dapati begitu banyak anak-anak potensial yang gemar bermain sepak bola. Namun, karena berasal dari keluarga kurang mampu potensinya tak pernah tersalur dengan baik.

"Ini keluarga yang kurang mampu akibatnya apa, mereka tidak pernah merasakan fasilitas yang bertaraf internasional. Kami bangun itu di tengah perkampungan dan kami berikan tulisan amat besar, bahwa lapangan ini tidak untuk dikomersialkan, lapangan ini untuk dipakai oleh rakyat kebanyakan," ujar Anies.

3 dari 3 halaman

Anies Janji Bangun Perpustakaan Bertaraf Internasional Seperti di TIM

Di sisi lain, Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan juga berjanji membuat perpustakaan bertaraf internasional. Hal ini disampaikannya saat berinteraksi dengan warga di Maluku dalam program Desak Anies, Senin (15/1/2024).

"Ini sangat mendasar sekali, ketika ilmu itu tidak terjadi maka ketimpangan akan terus muncul, karena itu kesetaraan pada akses ilmu itu penting," kata Anies.

"Jadi nomor satu tadi terkait dengan hukum terkait dengan buku, insyaallah nanti kita akan bantu siapkan 1 adalah membangun perpustakaan yang bertaraf internasional," sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun mencontohkan, salah satu perpustakaan yang sudah bertaraf dunia, yakni berada di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.

"Di sini rujukannya, silakan lihat perpustakaan baru di Jakarta lokasinya di Taman Ismail Marzuki, google saja sekarang perpustakaan itu, perpustakaan kelas dunia yang sekarang menjadi referensi di mana-mana dan itu kami bangun selama kami bertugas," ujar Anies.

"Pada saat dibangun banyak sekali mengkritik, ketika selesai banyak sekali memuji. Makanya apa saja mau dikritik ya tunggu sampai selesai," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.