Sukses

Ganjar Optimis Bisa Buat Pertumbuhan Ekonomi Naik, Pungli Diberantas

Calon presiden (capres) 2024 Ganjar Pranowo berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai negara unggul pada 2045.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) 2024 Ganjar Pranowo berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai negara unggul pada 2045.

Dia menargetkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia naik sebesar 7 persen pada tahun itu.

"Banyak yang bilang Ganjar ambisius. Padahal ini sangat mungkin dan saya yakin pasti bisa. Roadmapnya sudah ada," ucap Ganjar di acara Rakorpimnas Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Ganjar menegaskan, jika pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak mencapai 7 persen pada 2045, maka negara ini akan masuk dalam jebakan middle income trap. Selain itu, bonus demografi yang dimiliki akan menjadi malapetaka demografi.

"Maka kita harus berjuang untuk mewujudkan itu. Effort-nya memang tidak boleh biasa-biasa saja," tegasnya.

Ganjar optimis ekonomi Indonesia tumbuh 7 persen bukan mimpi. Banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk mewujudkan itu.

Sebelumnya, Ganjar menjanjikan akan memberantas praktik pungutan liar (pungli) alias percaloan di dunia industri atau usaha.

Hal tersebut disampaikan usai bertemu dengan pelaku UMKM dan buruh yang ada di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/12/2023).

Menurut Ganjar, ia dan Mahfud Md berkomitmen akan memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Saya kira ini bagian dari apa yang terjadi di masyarakat praktik-praktik buruk seperti ini pungli dan ternyata tidak hanya di pemerintah dan di masyarakat terjadi seperti itu. Dan inilah yang harus sikat,” ujar Ganjar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pungli Masih Merajalela

Ganjar mengaku prihatin karena praktik pungli di industri pekerjaan sampai sekarang ini masih merajalela.

Padahal, niatnya hanya mencari kerjaan namun dijebak oleh para calo

“Kasihan para korban dan inilah yang mesti disikat dan pemerintah harus aktif menangani itu,” tegas Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga berbicara komitmen bersama calon wakil presidennya yakni Mahfud MD untuk menyikat korupsi lantaran merugikan masyarakat

“KKN harus kita sikat, kenapa Ganjar-Mahfud punya agenda sikat korupsi karena merugikan rakyat,” tutur Ganjar.

 

3 dari 3 halaman

Menjawab Respons

Pernyataan Ganjar tersebut merupakan respons dari curhatan dari seorang warga bernama Sari yang mengalami percaloan dunia kerja.

“Saya alami kerja bayar. Dan anak saya lulusan S1 dimintai Rp 6 juta, sampai sekarang enggak kerja. Sudah masuk Rp 2 juta, padahal kita gapunya uang dan ngutang demi anak,” kata Sari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.