Sukses

Debat Perdana, Ini yang Jadi Fokus Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro mengatakan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal fokus materi terkait komitmen penegakan supremasi hukum dalam debat perdana pada Selasa, 12 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro mengatakan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal fokus materi terkait komitmen penegakan supremasi hukum dalam debat perdana pada Selasa, 12 Februari 2023.

"Fokus materi yang akan dibawakan Pak Ganjar Pranowo dan Mahfud Md pada debat besok adalah penegasan tentang komitmen penegakan supremasi hukum," ujar Seno dalam keterangannya, Minggu (10/12/2023).

Seno mengatakan masyarakat sudah mengetahui Ganjar dan Mahfud memiliki kedekatan dengan topik yang dibahas dalam debat.

Pada debat perdana mengangkat tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Oleh karena itu, menurut Seno, debat perdana yang digelar KPU nanti menjadi panggung bagi Ganjar dan Mahfud.

"Pak Ganjar adalah lulusan S1 Hukum yang pernah menjadi legislator, sedangkan Pak Mahfud punya reputasi sebagai pendekar hukum yang pemberani. Jadi debat pertama ini adalah panggung beliau berdua," kata dia.

Dalam visi-misinya, Ganjar dan Mahfud menuangkan soal supremasi hukum progresif dan menjamin HAM hingga penyelesaian kasus pelanggaran HAM yang terjadi.

"Terus berupaya menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM secara berkeadilan. Utamanya terhadap kasus pelanggaran HAM yang menjadi beban peradaban bagi bangsa dan negara," kata Seno seperti tertulis dalam dokumen visi-misi pasangan nomor urut 3 itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jamin Kebebasan Sipil

Selain itu, Ganjar-Mahfud juga akan menjamin kebebasan sipil.

Seperti hak kebebasan berpendapat, berekspresi, berserikat, dan menyebarkan informasi untuk dapat mewujudkan kehidupan sipil yang bebas dan bertanggung jawab.

"Memperlancar konsultasi-dialog antara pemerintah dan masyarakat sipil, serta mengembalikan khitah parpol sebagai perangkat demokrasi dengan meningkatkan pendanaan negara terhadap partai politik," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Siapkan 11 Panelis

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menyiapkan 11 nama panelis dalam debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang akan digelar pada 12 Desember 2023.

Ke-11 panelis tersebut sudah dihubungi dan akan dikarantina mulai Minggu (10/12/2023).

Dalam masa karantina tersebut, 11 panelis itu akan menyusun pertanyaan dengan tema yang sudah ditentukan KPU yaitu terkait hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, penguatan demokrasi, pelayanan publik, penanganan disinformasi dan kerukunan warga.

Debat perdana akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa (12/12), pukul 19.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.