Sukses

Antisipasi Caleg Stres di Pemilu 2024, RSUD Kabupaten Tangerang Sediakan Klinik Kejiwaan

RSUD Kabupaten Tangerang menyiapkan poli kejiwaan untuk mengantisipasi adanya calon legislatif (caleg) di Pemilu 2024 yang stres akibat gagal terpilih.

Liputan6.com, Jakarta RSUD Kabupaten Tangerang menyiapkan poli kejiwaan untuk mengantisipasi adanya calon legislatif (caleg) di Pemilu 2024 yang stres akibat gagal terpilih.

"Sebenarnya poli kejiwaan sudah ada untuk melayani pasien harian. Namun, kami siap untuk menerima pasien dari caleg tersebut," kata Kepala Humas Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang, dr Hilwani, Senin (13/11/2023).

Dia pun mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan dua orang dokter, di mana akan secara bergantian menerima permintaan konsul ataupun pengobatan kejiwaan.

Namun, jika nantinya akan ada lonjakan pasien yang stres akibat maju sebagai caleg, maka akan dilakukan skema baru yang bakal ditentukan nantinya.

"Alur berobatnya masih sama seperti biasa, seperti pasien pada umumnya. Tetapi, apabila ada lonjakan pasien stres akibat nyaleg, maka akan dikordinasikan lebih lanjut," ungkap Hilwani.

Terkait pembiayaan tersebut ditanggung oleh BPJS Kesehatan atau tidak, pihak RSUD Kabupaten Tangerang enggan mengkonfirmasi lebih lanjut.

"Kalau soal itu, bisa tanyakan ke pihak BPJS ya," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KPU Tetapkan Capres-Cawapres Peserta Pilpres 2024 Hari Ini, Senin 13 November 2023

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024 pada hari ini, Senin (13/11/2023).

"Insyaallah nanti hari Senin (13/11), setelah KPU mengambil keputusan tentang pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2024," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Jakarta, Jumat, 10 November 2023.

Hasyim menjelaskan, KPU akan melakukan rapat pleno secara tertutup sebelum mengumumkan penetapan pasangan capres-cawapres.

"Kalau kami sudah mengambil keputusan, nanti akan kami sampaikan melalui konferensi pers," kata dia seperti dilansir dari Antara.

KPU RI telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal capres-cawapres untuk Pemilu 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

 

3 dari 3 halaman

Tiga Paslon

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.