Sukses

Prabowo Puji Golkar Usung Gibran Jadi Cawapres: Ini Keputusan yang Sangat Berjiwa Besar

Prabowo menganggap Golkar berjiwa besar karena sebelumnya telah memutuskan mendorong Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar resmi mengusulkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi Bakal Capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto. Keputusan itu diambil dalam Rapimnas Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Prabowo mengatakan, keputusan itu sangat luar biasa dan berjiwa besar.

"Pembukaan Rapimnas di mana keputusan Golkar untuk mencalonkan saya di sini sebagai capres dan mas Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres, ini keputusan Golkar yah. Ini saya anggap suatu keputusan yang sangat luar biasa, sangat berjiwa besar," kata Prabowo usai Rapimnas Golkar.

Prabowo menganggap Golkar berjiwa besar karena sebelumnya telah memutuskan mendorong Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden atau calon wakil presiden. Tetapi Golkar melepas kepentingan partai demi kepentingan yang lebih besar.

"Karena Golkar rapimnasnya tadinya mencalonkan pak Airlangga sebagai capres atau cawapres," kata ketua umum Partai Gerindra ini.

"Tapi Golkar melepas kepentingan partai, golongan, demi kepentingan yang lebih besar, tentunya ini kehormatan, saya terima," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keputusan Akan Dibawa ke Forum Ketum Parpol

Prabowo memastikan akan membawa keputusan Golkar tersebut ke forum ketua umum partai untuk dibahas.

"Kami KIM terdiri dari sekarang 8 partai, 4 partai parlementer dan 4 partai non Parlementer, tapi juga punya akar. Jadi biasanya kita akan rapat, musyawarah, dan nanti kita umumkan keputusan kita bersama. Tentunya usul ini akan kita bawa ke forum Ketua Umum partai," jelasnya.

Untuk diketahui, Partai Golkar telah resmi mengusulkan Bakal Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangakan dengan Pak Prabowo sebagai calon wakil presiden RI," kata Airlangga Hartarto di Rapimnas II Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Usulan itu, kata Airlangga, didapatkan dari hasil pertemuan dan rapat dengan ketua-ketua DPD semalam, Jumat (20/10/2023).

Airlangga mencontohkan kepemimpinan Sutan Syahrir yang menjabat sebagai perdana menteri pertama RI yang berusia 36 tahun. Maka dari itu Golkar optimistis bahwa pemimpin muda dapat kembali memimpin pemerintahan.

3 dari 3 halaman

Kans Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membuka kemungkinan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka hadir ke rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar, Sabtu (20/10/2023).

Rapimnas Partai Golkar ini akan membahas soal calon wakil presiden (cawapres) pendaping Prabowo.

"Kita lihat nanti," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Sabtu (20/10/2023).

Menurut dia, persiapan Rapimnas sudah cukup bagus. Airlangga pun meminta semua pihak menunggu hasil Rapimnas Partai Golkar.

"Jadi kita tunggu saja," ucapnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.