Sukses

Pilpres 2024 Makin Kompetitif, Warga Jateng Disebut Mulai Bergeser Dukungan ke Prabowo

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menegaskan, Jateng yang selama ini menjadi ‘kandang’ dari PDIP, perlahan – lahan bisa ditaklukkan oleh capres lain, termasuk Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto perlahan mulai mendapatkan dukungan kuat dari Jawa Tengah (Jateng). Wilayah yang selama ini lekat dengan PDIP dan Capres yang diusungnya yakni Ganjar Pranowo, pelan – pelan mulai menaruh simpati kepada Prabowo.

Melihat fenomena tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menegaskan, Jateng yang selama ini menjadi ‘kandang’ dari PDIP, perlahan – lahan bisa ditaklukkan oleh capres lain, termasuk Prabowo.

Menurutnya, hal itu bisa dilakukan oleh Prabowo beserta dengan dukungan yang penuh dari warga dan masyarakat yang ada di Jateng.

“Kalau kita bicara Jawa Tengah itu kan basisnya PDIP, ya Ganjar, ketika Prabowo mendapatkan dukungan banyak relawan – relawan di Jawa Tengah, ya itu menjadi hal yang positif dan bagus bagi Prabowo,” kata Ujang, ketika dihubungi, Senin (16/10/2023).

Ujang menuturkan, bagi Prabowo menaklukkan Jateng memang sulit. Namun, Ujang meyakini, dukungan yang kuat dari simpul relawan Jokowi belakangan ini kepada Prabowo bukan tidak mungkin melesatkan elektabilitas Prabowo di Jateng.

“Makanya Prabowo butuh dukungan dari warga atau masyarakat Jawa Tengah termasuk dari relawan – relawan di Jawa Tengah, termasuk dari Projo,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berpeluang Dapat Dukungan Tinggi Masyarakat Jateng

Oleh karena itu, Ujang menekankan, peluang Prabowo untuk bisa mendapatkan dukungan yang tinggi dari masyarakat Jateng memang selalu terbuka. Kendati demikian, ia menggaris bawahi, hal itu bisa bisa diukur dari seberapa besar dan seberapa banyak dukungan untuk Prabowo di Jateng.

Termasuk dari para relawan – relawan di Jateng, hingga kepada relawan Jokowi seperti Projo.

“Kita harus hitung dan lihat apakah basis PDIP di Jateng itu bisa dikalahkan oleh Prabowo atau tidak tergantung dari seberapa besar, seberapa banyak, seberapa luas dukungan Prabowo di Jawa Tengah, dari masyarakat maupun dari para relawan – relawan itu,” tandasnya.

Sebelumnya, limpahan dukungan kepada Prabowo terus mengalir dengan deras dari relawan dan juga masyarakat yang ada di Jateng. Belum lama ini, ribuan sopir angkutan perkotaan (angkot) yang ada di Jateng resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo.

“Berjanji setia dengan solid mendeklarasikan dukungan kepada Bapak Prabowo Subianto sebagai calon presiden pilihan masyarakat pada Pilpres 2024,” kata Ketua Paguyuban Sopir Angkot Semarang Raya, Arifin.

3 dari 3 halaman

Dukungan dari Jaspro 08

Di sisi lain, dukungan kepada Prabowo juga terus berdatangan dari para relawan Jokowi yang melebur ke dalam Jaringan Sahabat Prabowo (Jaspro) 08 yang memutuskan diri mendukung penuh Prabowo pada kontestasi Pilpres 2024.

Koordinator Jaspro 08, Agustiar Zanzawi menegaskan, meleburnya para relawan Jokowi ke dalam bagian dari Jaspro karena mendukung penuh Prabowo jadi Presiden Indonesia berikutnya. Para relawan Jokowi itu ingin Prabowo bisa meneruskan kerja – kerja dari pemerintahan sebelumnya.

“Setulus hati menyatukan barisan, menginisiasi dan membentuk Jaringan Sahabat Prabowo atau Jaspro 08 untuk memenangkan Prabowo Subianto bersama masyarakat melanjutkan Indonesia maju,” kata Agus.

Adapun beberapa relawan Jokowi Jateng yang tergabung dalam Jaspro 08 terdiri dari berbagai macam elemen hingga komunitas masyarakat. Antara lain, Gerakan Satu Aspal Jokowi atau GAS JKW, Gerakan Akademisi Pendukung Jokowi, Gerakan Milenial Jokowi, dan Gaspol JKW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.