Sukses

Relawan Persaudaraan 98 Geruduk Rumah Prabowo di Kertanegara

Sekelompok orang yang mengatasnamakan Relawan Persaudaraan 98 menggeruduk rumah Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023) sore. Ada apa?

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Prabowo Subianto kembali mendapat amunisi dukungan relawan dalam menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kali ini, dukungan untuk Prabowo berasal dari kelompok yang menamakan diri Relawan Persaudaraan 98.

Pantauan di depan kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, para relawan ini tiba sekitar pukul 16.00 WIB.

“Indonesia maju, Prabowo Presiden!,” seru koordinator  di depan rumah Prabowo, Rabu (11/10/2023) sore.

Sambil menunggu Ketua Umum Partai Gerindra itu membukakan pintu gerbang rumahnya, mereka secara bergantian melakukan orasi dan yel-yel dukungan terhadap Prabowo.

“Kepalkan tangan kanan kalian teman-teman! Sumpah rakyat Indonesia, bertanah air satu tanah air tanpa penindasan,” ujar koordinator aksi.

Usai melakukan teriakan dukungan, secara tertib perwakilan Relawan Persaudaraan 98 masuk ke dalam kediaman Prabowo. Pertemuan berlangsung secara tertutup. 

Menurut Tim Media Prabowo Subianto, usai pertemuan akan dilangsungkan jumpa pers bersama awak media.

Tidar Gerindra Dukung Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Sementara itu, Tunas Indonesia Raya (Tidar) yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra mendeklarasikan dukungan kepada Politikus PDIP yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto.

“Kami Tidar melihat tokoh yang sangat cocok mendampingi Bapak Prabowo adalah tokoh muda yang mewakili kami dari suara mayoritas tersebut yaitu Mas Gibran Rakabuming yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta,” tutur Ketua Umum Tidar Rahayu Saraswati Djojohadikusumo di Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Tidar Gerindra Dukung Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Rahayu menyebut, keputusan tersebut merupakan hasil dari rembuk nasional antara Pengurus Tidar Pusat dengan Daerah se-Indonesia.

Menurutnya, Gibran Rakabuming Raka merupakan representatif anak muda berprestasi yang layak masuk dalam kepemimpinan nasional demi mencapai Indonesia Emas 2045.

“Harus disadari bahwa pada Pemilu tahun 2024 ini anak muda memiliki kekuatan 56,45 persen suara pemilih dengan total pemilih dari kelompok generasi Milenial dan generasi Z berjumlah lebih dari 113 juta pemilih. Tidar yakin komitmen Pak Prabowo dalam memberikan ruang besar untuk anak-anak muda di Indonesia,” jelas dia.

Rahayu menyatakan, pihaknya akan segera memberikan rekomendasi tersebut ke DPP Partai Gerindra untuk menjadikan Gibran Rakabuming sebagai pasangan Prabowo Subianto.

Namun begitu, mereka tetap menunggu hasil keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia Capres-Cawapres pada 16 Oktober 2023 mendatang.

“Dan tentunya keputusan akhir Cawapres tetap kami serahkan kepada pak Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju untuk menentukan,” Rahayu menandaskan.

 

3 dari 4 halaman

Kelompok Milenial GMI Dukung Prabowo

Sebelumnya, Pengurus Pusat Gerakan Milenial Indonesia (GMI) melakukan kegiatan rutin pada Rabu pagi (11/10/2023) di Gunawarman, Jakarta Selatan (Jaksel). Dalam kegiatan tersebut, GMI membahas kembali soal dukungannya pada bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Ketua Umum GMI Sasha Tutuko menegaskan, dukungan pada Prabowo Subianto tersebut masih konsisten seperti pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 lalu.

Dia mengatakan, dalam pertemuan tersebut Pengurus Pusat GMI membahas kriteria pendamping Prabowo Subianto yang tepat untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

"Pengurus Pusat GMI berpandangan bahwa cawapres Prabowo haruslah sosok yang memiliki orientasi pada ranah kepemudaan. Kepemimpinan politik Indonesia kedepan harus kepemimpinan yang lahir dari kelompok kaum muda, pemimpin yang merepresentasikan keinginan, dan kebutuhan anak-anak muda Indonesia," ujar Sasha melalui keterangan tertulis, Rabu (11/10/2023).

Menurut dia, pengurus pusat GMI berpendapat sosok Gibran Rakabuming Raka adalah sosok yang tepat untuk mendampingi Prabowo sebagai bakal cawapres. Karena, kata Sasha, Prabowo-Gibran bakal menjadi pasangan yang ideal dan saling melengkapi.

 

4 dari 4 halaman

GMI Usul Prabowo Gandeng Gibran

"Pasangan tersebut menjadi ideal karena pengalaman kepemimpinan Pak Prabowo di dunia militer dan relasi internasional mampu membuat Indonesia sejajar dengan negara-negara besar, hal ini mampu menciptakan keberlanjutan kinerja Jokowi di dunia Internasional," terang dia.

Sasha mengatakan, pengurus pusat GMI yakin jika Wali Kota Solo itu bisa menyerap aspirasi muda di Indonesia.

"Kami meyakini bahwa Gibran Rakabuming sebagai cawapres Pak Prabowo akan berkerja dengan mengakomodir aspirasi anak muda indonesia karena Gibran juga merupakan dari golongan kaum muda," kata dia.

Terlebih pada saat ini, menurut Sasha, jumlah anak muda di Indonesia mencapai angka 52% dari total keseluruhan penduduk Indonensia.

"Dan angka besar ini harus diwakilkan oleh sosok pemimpin muda. GMI memiliki kanal yang tepat untuk menyalurkan aspirasi anak muda Indonesia, dan sosok Gibran adalah individu yang akan mewakili suara anak muda Indonesia," tandas Sasha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini