Sukses

Gandeng Cak Imin-PKB, NasDem Optimistis Anies Menang di Jatim

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Effendy Choirie mengaku optimistis pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bakal menang di Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Effendy Choirie mengaku optimistis pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bakal menang di Jawa Timur.

Diketahui, pasangan tersebut telah resmi dideklarasikan menjadi capres-cawapres pada Sabtu (2/9) lalu, untuk maju pada Pilpres 2024 mendatang.

"Optimistis tapi tetap ikhtiar, kerja keras dan tentu saja berdoa," kata pria yang akrab disapa Gus Choi di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (5/9).

Keyakinan menang di wilayah Jawa Timur, kata Gus Choi, karena PKB bisa memobilisasi warga Nahdliyyin yang bukan ada di dalam struktural.

Karena, hanya di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah saja suara Anies masih dianggap lemah. Sementara, untuk di Jakarta, Banten diklaimnya sudah menang.

Namun, untuk di Jawa Barat sendiri masih bersaing atau kejar-kejaran dengan Bacapres Prabowo Subianto.

"Lemah ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jawa Timur, mayoritas NU, Jawa Tengah dalam konteks kultural NU, secara politik PKB nomor dua, Jawa Timur hampir sama PDIP sama PKB gantian menang gantian kalah dalam konteks ini dengan hadirnya Cak Imim sebagai wakil presiden," ungkapnya.

"Kita berharap PKB melakukan mobilisasi terhadap warga Nahdliyin, bukan struktur NU-nya, warga NU untuk diyakinkan bahwa ini yang menjadi wapresnya Anies ini adalah kader NU asli, tulen," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelemahan Anies Bisa Ditutupi

Sehingga, suara Anies yang dianggap bolong di Jawa Timur dan Jawa Tengah akan bisa ditutupi dengan menggandeng Cak Imin sebagai Cawapres.

"Bahkan darah biru, dijamin komitmennya, dijamin kesetiaannya, sehingga kemudian masyoritas NU Jawa Tengah kemudian Jawa Timur mendukung Cak Imin. Ketika itu terjadi, maka yang bolong dari Mas Anies bisa ditutupi dan Insya Allah kita yakin pasangan Anies-Cak Imin akan menang," jelasnya.

"Dan menurut survei secara khusus, warga Nahdliyyin ditanya, siapa yang diinginkan warga Nahdliyyin sebagai cawapres? Muhaimin paling unggul, jadi Cak Imin itu unggulan cawapresnya warga Nahdlatul Ulama," pungkasnya.

Sumber: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.