Sukses

Serikat Pekerja Nasional Dukung Anies Baswedan, Jubir: Kaum Buruh Ingin Perubahan

Jubir Anies Baswedan, Surya Tjandra mengatakan, dukungan Serikat Pekerja Nasional (SPN) ke Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menunjukkan kaum buruh menginginkan perubahan yang nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara (Jubir) Anies Baswedan, Surya Tjandra mengatakan, dukungan Serikat Pekerja Nasional (SPN) ke Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menunjukkan kaum buruh menginginkan perubahan yang nyata.

"Dukungan SPN menunjukkan pemahaman buruh pada situasi dan keberanian politik di dalam situasi yang sulit sekarang ini," kata Surya dalam keterangan tertulis, Jumat (4/8/2023).

Menurut Surya, SPN merupakan serikat buruh atau organisasi pengimbang yang sangat penting dan dibutuhkan di dalam cita-cita para pendiri Indonesia. 

"Kami ucapkan terima kasih atas dukungan buruh pada Anies. Kaum buruh adalah pemilih kritis yang bisa menjadi penggerak perubahan di masyarakat," ujar Surya.

Surya mengatakan, keprihatinan buruh, terutama terkait berbagai regulasi yang dinilai lebih pro-investasi daripada kesejahteraan buruh dan masyarakat.

"Beberapa contoh regulasi yang bermasalah seperti penghapusan peran serikat buruh di dalam penentuan upah minimum, fleksibilisasi pasar buruh yang menciptakan ketidakpastian kerja, pemotongan manfaat jaminan sosial, perlu dicermati dan diperbaiki," ujar Surya.

Oleh sebab itu, Surya berharap ke depan UU Cipta Kerja perlu diubah agar juga pro-buruh tidak hanya investasi. Selai itu, Surya menilai RUU Kesehatan tidak boleh mengurangi manfaat jaminan kesehatan dan menekan organisasi profesi.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SPN Dukung Anies Baswedan

Sebelumnya, DPP SPN mengeluarkan pernyataan sikap politik pada Kamis, 3 Agustus 2023 di Tegal, Jawa Tengah.

Berdasarkan surat pernyataan yang diterima Liputan6.com, surat pernyataan sikap politik itu diteken Ketua Umum DPP SPN Djoko Heryono dan Sekretaris Umum SPN Ramidi.

Pernyataan sikap politik DPP SPN dalam Pemilu 2024 ) yaitu mendukung Anies Rasyid Baswedan, untuk menjadi Calon Presiden RI 2024-2029. Pernyataan ini diputuskan berdasarkan rapat koordinasi nasional khusus yang dilakukan SPN.

Adapun keanggotaan SPN tersebar di 16 provinsi, 57 kabupaten/kota, dan 427 perusahaan di seluruh Indonesia. Jumlah keanggotaan SPN tercatat ada sebanyak 205.479 orang anggota di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.