Sukses

Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto Saling Rebut Dukungan Relawan Jokowi

Pecahnya suara relawan Jokowi dinilai sudah terlihat dari Jokowi Mania dan Projo yang memilih mendukung Prabowo dibandingkan Ganjar.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah lembaga survei mencatatkan kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tinggi. Tingginya kepuasan tersebut berdampak terhadap perebutan dukungan calon presiden yang akan 'di-endorse' kepala negara di Pilpres 2024.

Analis Politik Arifki Chaniago meyakini, endorse tersebut tengah diperebutkan oleh dua figur yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Mereka digadang sebagai representasi dari penerus tongkat estafet Jokowi.

"Dua figur ini selama ini identik atau pun mengidentikkan diri sebagai penerus pemerintahan Jokowi," kata Arifki dalam keterangan pers diterima, Selasa (11/7/2023).

Selain tongkat kepemimpinan, lanjut Arifki, keduanya juga diyakini saling berebut basis massa dari kelompok relawan Jokowi. Diketahui, sepanjang dua periode Jokowi telah meninggalkan legacy relawan yang kuat dan tegak lurus dengan titah sang presiden.

"Jokowi ini didukung oleh banyak relawan yang mendukungnya sampai terpilih dua periode sebagai presiden. Bahkan relawan itu udah terbentuk sejak Pilkada DKI Jakarta tahun 2012. Di Pilpres 2024, relawan ini bakal terpecah karena pendukung Jokowi belum tentu memilih Ganjar Pranowo," ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Aljabar Strategic ini.

Pecahnya suara relawan Jokowi, sambung Arifki, sudah terlihat dari Jokowi Mania dan Projo yang memilih mendukung Prabowo dibandingkan Ganjar. Meskipun, masih banyak juga relawan Jokowi lainnya yang berlabuh ke Ganjar.

"Keterbelahan dukungan relawan politik menjadikan pemenang Pilpres 2024 masih dinamis," kata Arifki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertarungan Pilpres 2024 Bakal Lebih Panas

Arifki melanjutkan, meski Jokowi dan Ganjar berasal dari partai yang sama yaitu PDIP,  dari terbelahannya relawan politik pendukung Jokowi memperlihatkan Jokowi tidak memiliki satu pilihan atau dapat diasumsikan Jokowi memang tidak mendukung Ganjar sehingga membiarkan relawan politik pendukungnya terbelah.

"Terbaginya pendukung Jokowi ke Prabowo dan Ganjar menyebabkan pertarungan pilpres 2024 bakal lebih panas di antara orang-orang yang dipersiapkan oleh Jokowi," tandas Arifki.

Sementara itu, Pengurus Rumah Besar Relawan Prabowo 08 menyambangi Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di DPP Bara JP, Jakarta Timur, Jumat (7/7/2023). Bara JP diajak untuk mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Wakil Koordinator Rumah Besar Relawan Prabowo 08, Haris Rusli Moti mengatakan, Bara JP adalah gerakan masyarakat dari bawah yang mendukung Jokowi sejak 2014. Dia menyebut, agenda safari politiknya ialah mengajak seluruh organisasi maupun komponen untuk terlibat mendukung Prabowo.

Sebelumnya, Relawan Pro Jokowi (Projo) menerima kunjungan Relawan Prabowo 08 di kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta, pada Kamis (6/7/2023) sore. Kedatangan Relawan Prabowo 08 disambut oleh Ketua Umum DPP Projo Budi Arie Setiadi.

Budi Arie mengatakan, pertemuan dengan relawan Prabowo 08 akan dikomunikasikan langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.