Sukses

Puan Maharani Akan Bertemu AHY, Iman Partai Demokrat Sedang Diuji?

Sampai saat ini posisi AHY di Koalisi Perubahan sebagai cawapres Anies Baswedan tidak jelas, hal ini dibaca oleh PDIP sehingga memasukkan nama Ketum Partai Demokrat sebagai bacal cawapres Ganjar.

Liputan6.com, Jakarta Masuknya nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi salah satu bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo serta rencana pertemuannya dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani merupakan ujian 'iman' Partai Demokrat.

Apalagi sampai saat ini posisi AHY di Koalisi Perubahan sebagai cawapres Anies Baswedan pun tidak jelas.

 

"Iman politik partai berlambang mercy ini bisa saja berubah setelah tidak adanya kepastian posisi AHY sebagai cawapres Anies Baswedan," kata Analis Politik Arifki Chaniago dalam keterangan diterima, Senin (12/6/2023).

Arifki meyakini, iman politik Partai Demokrat bisa saja goyah jika AHY gagal menjadi cawapres Anies Baswedan.  Potensi tersebut dibaca oleh PDIP dengan terang menyebut nama AHY disebut sebagai salah satu figur cawapres Ganjar.

"Meskipun nama AHY tidak satu-satunya disebut oleh PDIP, tentu Partai Demokrat merasa daya tawar politiknya tinggi dengan adanya koalisi lain yang tertarik dengan AHY," jelas pria yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Aljabar Strategic ini.

Arifki mengungkapkan, Partai Demokrat secara elektoral diuntungkan jika berada dalam barisan pendukung Anies Baswedan. Tetapi, Partai Demokrat tidak ingin memberikan dukungan kepada Anies sebagai calon presiden jika tidak ada garansi AHY sebagai cawapres.

"Partai Demokrat tidak hanya menginginkan suara partai naik, tetapi juga mengantarkan pangeran Cikeas sebagai orang nomor dua di republik ini," Arifki menandasi.

Pertemuan AHY dan Puan Maharani

Diketahui, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sudah bertemu pada Minggu sore di Blok M Jakarta Selatan, Minggu 12 Juni 2023. Menurut Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon, pertemuan itu berjalan hangat dan perbincangan berlangsung baik.

Soal isi dari pertemuan, Jansen memastikan keduanya tengah mencari waktu cocok untuk mempertemukan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Pertemuan membahas dan mengatur waktu yang pas kapan Mas AHY dan Mbak Puan bertemu sambil mencocokkan jadwal masing-masing," jelas Jansen saat dikonfirmasi terpisah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan SBY soal Pertemuan Puan dan AHY

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku sudah mengetahui soal rencana pertemuan antara putranya dan putri dari Megawati Soekarnoputri tersebut. Dia juga memastikan, AHY sudah menerima ajakan Puan untuk bertemu.

"Yang saya tahu karena saya tidak menangani langsung sekarang ini, yang saya tahu AHY selaku pemimpin Partai Demokrat merespons ajakan dari mbak Puan dari PDIP untuk melakukan pertemuan dan berbincang-bincang," ujarnya di kawasan GBK, Jakarta, Minggu 11 Juni 2023.

Menurut SBY, niat pertemuan yang baik akan membawa kebaikan. Dia berharap, pertemuan antara putra sulungnya dan putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu bisa bermanfaat.

"Partai Demokrat selalu berpendapat pertemuan yang berangkat dari niat baik, tujuan baik membahas masalah-masalah bangsa tentu ada gunanya. Jadi itu yang dapat saya sampaikan sekarang," tuturnya.

SBY enggan banyak berspekulasi soal arah dari pertemuan terkait. Dia meminta publik untuk terus mengikuti jalannya pertemuan sampai harinya tiba.

"Ikuti saja perkembangannya, nanti yang jelas pertemuan niat baik dari mana pun siapa dengan siapa selalu membawa kebaikan terimakasih," tutup Presiden ke-6 RI ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini