Sukses

Caleg PSI Sengketakan Hasil Pileg 2024 dengan Rekan Separtai, Saldi Isra: Berdamai Saja Lah

Caleg PSI atas nama Sichard Elfriets Mual menggugat rekan separtainya terkait hasil perolehan suara pada Pileg 2024 di Dapil 1 Jayapura Provinsi Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) atas nama Sichard Elfriets Mual menggugat rekan separtainya ihwal hasil perolehan suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di daerah pemilihan atau Dapil 1 Jayapura Provinsi Papua.

Dalil ini disampaikan Kuasa Hukum PSI Leonard Ririmasse saat membacakan perkara Nomor 26-02-15-33/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 di Panel 2 Sidang Sengketa Pileg di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (2/5/2024).

"Bahwa berdasarkan hasil pleno distrik Jayapura Selatan yang sudah diambil alih oleh KPU provinsi hasil perhitungan suara dimana terdapat hilangnya khususnya pada partai PSI DPRD kota Jayapura dapil 1 Jayapura selatan nomor urut 2 atas nama caleg Sichard Elfriets Mual," kata Leonard.

Selain itu, menurut Leonard juga telah terjadi penggelembungan suara Sichard ke rekan sesama caleg PSI atas nama Armaya Latuprisa Siregar. Penggelembungan suara itu, berpengaruh pada rangking yang didapatkan Sichard dari rangking 1 ke rangking 3.

Leonard merujuk pada C1 dari tujuh kelurahan yang ada di Jayapura Selatan. Di mana harusnya Sichard caleg nomor urut 2 PSI unggul rangking 1 dari caleg nomor urut 1 PSI Armaya Latuprisa Siregar.

Kehilangan suara terjadi di beberapa kelurahan dengan suara yang hilang sebesar 103 suara. Rinciannya, hilang 62 suara di kelurahan Ardipura, kelurahan Argapura 2 suara, kelurahan Entrop 5 suara, dan kehilangan 34 suara di Kelurahan Hamadi.

"Terjadi penggelembungan suara pada caleg nomor urut 1 atas nama Armaya Latuprisa yg dimana suara dasarnya adalah 596 suara menjadi 1.180 suara," terangnya.

"Menggelembung kepada siapa suaranya yang didalilkan ini?," tanya Hakim Konstitusi Saldi Isra.

"Caleg PSI nomor urut 1 atas nama Armael Latuprisa Siregar majelis," jawab Kuasa Hukum PSI Leonard Ririmasse.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diminta Berdamai

Menanggapi hal itu, Saldi Isra meminta Pemohon perkara untuk berdamai saja dengan rekan satu partainya itu.

"Oke jadi ini pindah ke caleg PSI nomor urut satu ya, sama-sama PSI berdamai aja lah," ucap Saldi.

Meski begitu, Saldi tetap meminta Pemohon untuk menyelesaikan petitumnya. Sidang pun dilanjutkan dengan pembacaan petitum oleh kuasa hukum kepada MK agar mengabulkan permohonan Pemohon untuk seluruhnya.

"Menyatakan perolehan suara yang benar adalah suara pemohon Sichard Elfriets Mual caleg PSI nomor urut 2 berdasarkan forum C1," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.