Sukses

PDIP dan PAN Bertemu, Bakal Capres Ganjar Pranowo: Saya Percaya Diri, Banyak Dukungan Makin Bagus

Bakal calon presiden atau bakal capres Ganjar Pranowo mengapresiasi pertemuan PDIP dan PAN yang digelar di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada hari ini, Jumat (2/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden atau bakal capres Ganjar Pranowo mengapresiasi pertemuan PDIP dan PAN yang digelar di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada hari ini, Jumat (2/6/2023).

Ganjar pun mengaku semakin percaya diri akan banyak dukungan pada dirinya untuk maju sebagai capres pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Sejak diumumkan saya percaya diri, begitu banyak dukungan menurut saya jauh lebih bagus. Dan tadi bicaranya cukup panjang, tidak hanya sekedar cerita Pilpres tapi cerita aliansi yang jauh lebih strategis," ujar Ganjar, Jumat (2/6/2023).

Menurut dia, hal ini menjadi baik karena politik Indonesia ke depan tak menjadi pragmatis.

"Tapi bisa menyiapkan apa yang bisa kita perbuat untuk kemaslahatan bangsa negara. Bagaimana pemerintah juga bisa berjalan dengan baik," tutur Ganjar.

Mengkutip pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ganjar menyebut partainya terbuka dengan siapapun.

"Ibu Ketum bilang tadi, kalau yang lain mau datang, kita selalu terbuka. Itu cara yang bagus untuk berdiplomasi, berkomunikasi, bekerja sama," ucap dia.

Ganjar menegaskan, sejauh ini PDIP terus membangun komunikasi dengan partai lain, seperti PAN hari ini.

"Tapi kalau fatsun politiknya, pasti akan dilakukan dengan pola seperti ini. Jadi bertemu antar pimpinan, duduk bersama. Saya kira itu cara yang paling bagus," ungkap dia.

Selain itu, menurut Ganjar, akan ada banyak memberikan dukungan.

"Insya Allah ada beberapa. Mau disebut sekarang, kita tunggu biar kamu penasaran," kata dia.

Saat ditanya soal sosok calon wakil presiden, menurut Ganjar banyak nama hebat di republik ini. Dan diantaranya pasti akan ada kecocokan.

"Banyak nama-nama yang hebat di republik ini. Kita tinggal duduk bersama sambil ngopi. Bicara lebih panjang tentang negeri ini. Dan diantara mereka pasti ada kecocokan. Kata Bu Mega kan, tidak banyak pasti hanya satu. Maka kita mesti bicara," jelas Ganjar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PAN Datangi PDIP Bahas Pemilu 2024, Kerja Sama Politik Bakal Diumumkan?

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023). PDIP dan PAN membahas kerja sama partai terkait Pemilu 2024.

Rombongan DPP PAN disambut oleh jajaran petinggi PDIP di lobi gedung.

Zulkifli Hasan bersama rombongan tampak disambut oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Bambang Wuryanto.

Zulkifli Hasan didampingi Sekjen PAN Edi Soeparno bersama jajaran DPP PAN antara lain Bendahara Umum Totok Daryanto, tiga Waketum Asman Abnur, Viva Yoga Mauladi, Yandri Susanto, lalu Ketua DPP Desy Ratnasari dan Saleh P Daulay, serta Eko Patrio.

Dari jajaran PDIP hadir langsung Bacapres Ganjar Pranowo, Ketua DPP Puan Maharani, dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Kemudian hadir juga eks Sekjen PDIP Pramono Anung, Bendum Olly Dondokambey, serta sejumlah Ketua DPP yaitu Komarudin Watubun, Djarot Saiful Hidayat, Bambang Wuryanto, Yasonna H Laoly, Sri Rahayu, Ahmad Basarah, dan dua Wasekjen yakni Utut Adianto dan Arif Wibowo.

Pertemuan antara PAN dan PDIP akan dibuka untuk sesi dokumentasi oleh awak media dan dilanjutkan dengan pertemuan tertutup.

 

3 dari 4 halaman

Zulkifli Hasan: Mbak Mega Baik Sekali, PAN Sering Dibantu

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengucapkan terima kasih atas penyambutan oleh PDI Perjuangan (PDIP) di Kantor DPP PDIP, Jumat (2/6/2023).

Menurut dia, pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan jajarannya, diskusi banyak hal.

"Kami sangat panjang berdiskusi tentu terkait berbagai hal yang mengenai kebangsaan kita, dan tentu juga tujuan pokok hari ini adalah tentang kontestasi Pilpres 2024 mendatang," kata pria yang akrab disapa Zulhas ini.

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan sangat dekat Megawati sering ditolong.

"Banyak yang sudah saya diskusikan, dan saya dengan Mbak Mega ini dekat, Mbak Mega itu dengan PAN baik sekali, teman-teman media mungkin enggak tahu, bahwa kami ini sering dibantu dengan Mbak Mega. Dan juga Puan ini sebetulnya dengan kami punya ikatan karena daerah yang sama, jadi dekat juga. Oleh karena itu, PDI Perjuangan dan PAN itu tidak jauh, dekat," ungkap Zulhas.

"Oleh karena itu diskusinya juga enak penuh kekeluargaan, penuh persahabatan," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Bakal Ada Pertemuan Selanjutnya

Menteri Perdagangan (Mendag) ini menegaskan, pertemuan PAN dengan PDIP ini adalah pertemuan pertama dan akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas koalisi.

"Ini baru pertama kali resmi ketemu seperti ini, oleh karena itu banyak hal yang kami diskusikan, saling pengertian, saling memahami satu dan yang lain karena baru pertama kali, tentu kita akan diskusikan di PAN dan kami akan lakukan pertemuan-pertemuan lanjutan karena Mbak Mega sudah membuat tim," ucap dia.

"Kita harapkan ada pertemuan-pertemuan lanjutan setelah dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional melakukan diskusi-diskusi apa yang kami bahas tadi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.