Sukses

Luhut Binsar Pandjaitan Tanya Siapa Cawapres Anies, Surya Paloh Jawab Begini

Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengungkap percakapan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat bicara calon wakil presiden Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengungkap percakapan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat bicara calon wakil presiden Anies Baswedan.

Dalam pertemuan di Wisma Nusantara, Jumat (5/5/2023), Luhut sempat mengusulkan nama calon wakil presiden untuk mendampingi Anies Baswedan. Awalnya, Luhut menanyakan kepada Surya Paloh siapa calon wakil presiden yang telah disepakati Koalisi Perubahan.

"Menanyakan iya, 'siapa cawapresnya setelah Pak Surya firm mengusung anies?'," ujar Sugeng menirukan ucapan Luhut kepada wartawan, dikutip Sabtu (6/5/2023).

Kemudian, Surya Paloh menjawab bahwa keputusan calon wakil presiden sepenuhnya diserahkan kepada Anies Baswedan.

"Wah, itu kan sudah kita serahkan kepada capres'," jawab Surya Paloh ditirukan Sugeng.

Lebih lanjut, Surya menyinggung pembahasan calon wakil presiden di tim delapan Koalisi Perubahan. Bahwa sudah ada mengerucut lima nama calon wakil presiden.

"Kan memang begitu kan. Kata anak buah ada yang bilang katanya sudah mengerucut ke lima nama," kata Sugeng.

Namun, Sugeng menegaskan, Luhut tidak secara eksplisit menyodorkan nama calon wakil presiden yang bisa mendampingi Anies Baswedan.

"Enggak, enggak secara eksplisit. Saya garis bawahi tidak secara eksplisit," kata Sugeng.

Sebelumnya, Ketua Umum NasDem Surya Paloh menggelar pertemuan dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (5/5). Luhut mengaku memberikan saran nama calon wakil presiden untuk mendampingi bakal calon presiden Partai NasDem Anies Baswedan.

Dalam pertemuan makan siang ini, Surya Paloh menanyai Luhut siapa calon wakil presiden yang cocok mendampingi Anies.

"Ya Pak Surya tanya (nama cawapres), saya jawab. Ya saya jawab," ujar Luhut usai pertemuan yang berlangsung 90 menit itu.

Namun, Luhut enggan mengungkap siapa nama yang diusulkan kepada Surya Paloh. "Ya kan saya ditanya, ya saya jawab. Saya kan enggak perlu cerita sama kamu," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Ada 5 Kandidat Cawapres Anies Baswedan

Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengakui sudah ada komunikasi dengan lima nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan. Tetapi komunikasi tersebut baru sebatas informal.

"Informal ada. Ya by phone, say helo ketemu, person to person," ujar Willy di Sekretariat Perubahan, Jakarta, Jumat (5/5).

Willy belum mau membocorkan lima nama calon wakil presiden yang tengah digodok Koalisi Perubahan. Tetapi, nama-nama ini diusulkan dari internal Koalisi Perubahan. Meski tetap terbuka usulan-usulan nama di luar lima cawapres ini.

"Kan ini belum final. berarti kan kuncinya belum kunci mati. Tentu sebagai sebuah, tapi setidak-setidaknya kita sudah punya ada yang di tangan, jadi inilah kami selalu bergerak berpikir bertindak," kata Willy.

Sementara, tim delapan akan melakukan ta'aruf atau pendekatan lima nama cawapres dengan Anies. Akan dipertemukan Anies dengan nama cawapres tersebut.

"Laporan dari tim delapan tadi ke Pak Capres, ya kami sekarang sudah ada yang disampaikan oleh Mas Sugeng kemarin, lima nama yang mengerucut itu. Dalam proses kita akan membangun taaruf dengan Capres," kata Willy.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.