Sukses

Didukung PAN Representasi Muhammadiyah, Dukungan Erick Thohir Maju Cawapres 2024 Makin Lengkap

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) bisa merepresentasikan Nahdlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) bisa merepresentasikan Nahdlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah.

Terbukti, Erick telah mendapatkan dukungan dari NU dan PAN, partai politik yang banyak merepresentasikan Muhammadiyah di perpolitikan Indonesia. Dukungan NU sendiri sudah banyak disuarakan oleh tokoh – tokoh PBNU.

Bahkan Saifullah Yusuf menyatakan banyak warga NU atau nahdliyin yang menginginkan agar Erick Thohir menjadi cawapres di Pilpres 2024 untuk meneruskan kepemimpinan KH Ma’ruf Amin. Ujang mengatakan hal ini membuat Erick Thohir sebagai representasi suara NU di Pilpres 2024 mendatang.

“Dari kedua tokoh itu yang kemungkinan bisa ya ET (Erick Thohir, red). Bahkan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf bilang warga NU banyak dukung ET. Artinya ET representasi suara NU,” terang Ujang, Kamis (04/05).

Seperti diketahui, dukungan NU kepada Erick Thohir tidak mengherankan publik. Mengingat, ia adalah bagian dari keluarga besar NU sebagai Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.

Ujang melanjutkan, Erick Thohir juga telah mengantongi dukungan dari PAN. Di mana PAN adalah representasi Muhammadiyah di peta perpolitikan Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Lengkap

Dengan ini Erick Thohir menjadi cawapres yang memiliki dukungan lengkap dari organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni NU dan Muhammadiyah. Erick Thohir juga bisa menjadi cawapres pemersatu umat.

Berkaca Pilpres Indonesia, kandidat yang merepresentasikan duet nasionalis dan religius memiliki peluang menang lebih besar. Seperti halnya Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 lalu.

“PAN representasi Muhammadiyah, jadi ya kelihatannya ET lebih representasi,” pungkas Ujang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.