Sukses

Suning Group Segera Tamat, Pemilik Baru Inter Milan Diharapkan Bisa Tiru Erick Thohir

Suning Group bakal terpental dari Inter Milan karena hutang yang besar. Pergantian pemilik akan segera terjadi.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah menjadi juara Liga Italia Serie A 2023/2024, Inter Milan tersandung masalah. La Beneamata bakal berganti kepemilikan karena pemilik sekarang, Suning Group terlilit hutang sehingga terpaksa harus melepas klub yang bermarkas di Giuseppe Meazza itu.

Suning Group diketahui gagal melunasi utang dan masih memiliki pinjaman sebesar 395 juta euro kepada Oaktree Capital yang jatuh tempo pada 20 Mei nanti. Dengan perincian, sebanyak 275 juta euro merupakan utang pokok dan sisanya bunga selama tiga tahun.

Inter pun terancam disita. Sesuai kesepakatan saat pinjaman diberikan pada tahun 2021, Oaktree memiliki hak untuk mengambil alih kepemilikan saham Suning di Nerazzurri.

Apa yang dialami Inter Milan ini disesali oleh pengamat olahraga Fritz Simanjuntak. Menurutnya Inter Milan salah urus tak seperti saat dimiliki oleh pengusaha Indonesia, Erick Thohir.

"Sedih setelah mengetahui hal itu. Sebab Inter Milan sangat dekat dengan masyarakat kita karena klub ini pernah dimiliki Erick Thohir, yang kini Ketua Umum PSSI," kata Fritz Simanjuntak kepada pewarta, Senin.

"Saya coba membandingkan saat di era Erick Thohir yang memang membutuhkan waktu untuk membangun klub dari kondisi rugi menjadi punya nilai tinggi. Saya tahu, hal itu terjadi karena meski Erick cukup konservatif dalam mengelola, tetapi dia mampu memberikan stabilitas bagi masa depan klub, termasuk dari sisi finansial," ujar Fritz Simanjuntak.

"Kuncinya, stabilitas, dan akhirnya sesuai janji kepada investor lainnya Erick Thohir berhasil membawa Inter Milan promosi ke Liga Champions” sambung Fritz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inter Milan Langsung Dijual

Steven Zhang selaku pemilik Inter sudah berupaya mencari pinjaman ke berbagai pihak untuk melunasi utang yang jatuh tempo. Di satu sisi, Zhang kini tertekan karena harus menginvestasikan uang pemasukan klub untuk membuat skuad Inter tetap kompetitif di musim depan.

Bila disita oleh Oaktree, Inter Milan akan segera dijual. Dilansir dari laporan media Il Sole 24 Ore, Oaktree akan siap untuk memulai proses pengambilalihan Inter segera setelah Suning gagal memenuhi kewajiban mereka.

Laporan media tersebut menulis bahwa tidak pernah ada indikasi bahwa perusahaan asal Amerika Serikat yang tidak berkecimpung di bisnis sepak bola ini berniat untuk menjadi pemilik baru Inter. Oaktree justru berniat untuk menjual klub dengan cepat.

3 dari 4 halaman

Pemilik Baru Inter Harus Mengikuti Apa yang Dilakukan Erick Thohir

Fritz berharap pemilik baru Inter setelah Suning Group bisa lebih berhati-hati dan bijak seperti yang dilakukan Erick Thohir ketika memegang La Beneamata.

"Mudah mudahan investor baru bisa kembali membawa klub Inter Milan secara finansial baik dan secara prestasi juga baik, seperti yang dilakukan Erick Thohir," ujar Fritz.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Italia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini