Sukses

Mahasiswa Dukung Anies - Sandi, Ini Penjelasan UI

Acara bertema Deklarasi Mahasiswa UI Untuk Anies-Sandi itu, para mahasiswa mengaku mendukung pasangan nomor urut tiga itu di Pilkada DKI

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gerakan yang mengatasnamakan sebagai sekumpulan mahasiswa Universitas Indonesia mendeklarasikan dukungan bagi pasangan cagub-cawagub nomor urut tiga Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Dalam acara yang bertema Deklarasi Mahasiswa UI Untuk Anies-Sandi itu, para civitas UI itu akan menyampaikan dukungannya terhadap Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta. Agenda tersebut  digelar malam ini di sebuah rumah makan di kawasan Depok.

Merespons kegiatan tersebut, pihak UI menegaskan tidak pernah menyatakan dukungan kepada salah satu pasangan cagub-cawagub di Pilkada DKI. Melalui akun twitter resminya, @univ_indonesia, pihak UI mengaku tidak pernah terlibat dalam kegiatan politik tertentu.

"Kami tegaskan bahwa kegiatan mahasiswa UI yg memberikan dukungan politik tsbt bukan diselenggarakan oleh UI. #pengumumanUI," cuit @univ_indonesia.

Akun tersebut menyatakan, UI sebagai lembaga pendidikan tinggi negeri bersikap netral dalam segala kegiatan politik, termasuk di Pilkada serentak 2017.

"Universitas Indonesia bersikap netral dalam kegiatan pemilihan kepala daerah," ucap @univ_indonesia.

Pihak UI menegaskan, berdasarkan aturan yang berlaku, segala kegiatan mahasiswa di UI harus bebas dari keberpihakan pada politik praktis dan golongan.

"Berdasarkan pada Peraturan Majelis Wali Amanat UI ttg Anggaran Rumah Tangga UI Pasal 85 (2), Kegiatan yg diselenggarakan organisasi kemahasiswaan UI bebas dari intervensi golongan ataupun partai politik," tandas @univ_indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017