Sukses

Rizal Ramli: Elektabilitas Ahok Dalam Bahaya

Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Rizal Ramli yakin dalam prosesnya elektabilitas Ahok terus mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Rizal Ramli mengakui elektabilitas Ahok masih tinggi. Meski begitu, Rizal yakin dalam prosesnya elektabilitas Ahok terus mengalami penurunan.

"Memang petahana masih tinggi. Tapi dalam prosesnya merosot. Down," ujar Rizal di kediamannya di kawasan Tebet Barat Dalam IV‎, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2016).

Kata Rizal, dalam beberapa bulan lalu Ahok memiliki angka elektabilitas di atas 60 persen. Namun, dalam kurun waktu terakhir, angka itu terus menurun.

"Tadinya di atas 60 persen. Sekarang hanya tinggal 40-an persen. Itu bahaya. Petahana kalau mau aman di atas 60 persen," kata eks Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan SDM tersebut.

Karena itu pula, dari kacamata Rizal, para pendukung Ahok pastinya menyesal. Terutama beberapa partai politik pendukung Ahok. Karena tentu, bakal calon yang didukung harus memenuhi sejumlah syarat, salah satunya elektabilitas yang stabil atau malah harus terus naik, bukan menurun.

"Banyak yang tadinya mendukung awal-awal, tiba-tiba menyesal. Kecepatan mendukungnya. Karena partai politik ini kan mau mendukung yang elektabilitasnya menaik. Kalau dia milih petahana yang sedang down, tentu partai-partai ini akan berdampak," ujar Rizal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.