Sukses

4 Lembaga Survei Hitung Cepat Pilkada Jambi

Ke-4 lembaga survei itu adalah Idea Institut, Indobarometer, Charta Politika dan Syaiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Liputan6.com, Jambi - Sebanyak 4 lembaga survei bakal melakukan penghitungan cepat (quick count) sesaat setelah pencoblosan pilkada serentak di Jambi, 9 Desember besok. Ke-4 lembaga survei itu adalah Idea Institut, Indobarometer, Charta Politika, dan Syaiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Liputan6.com akan menampilkan hasil penghitungan cepat pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jambi secara langsung bekerja sama dengan Indobarometer, besok, 9 Desember 2015.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi Desy Ariyanto mengatakan, keempat lembaga survei itu sudah melapor ke KPU serta mendapatkan akreditasi. KPU sendiri juga melakukan real count berdasarkan tahapan Pilkada.


"Sesuai tahapan, tanggal 9 Desember pemungutan dan perhitungan suara. Tanggal 10-16 Desember di PPK (panitia pemilihan kecamatan), tanggal 16-17 di (KPU) kabupaten dan di provinsi tanggal 17-18 Desember," jelas Desy di Jambi, Selasa, (8/12/2015).

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Provinsi Jambi diikuti 2 pasang calon. Pasangan nomor urut 1 yaitu Hasan Basri Agus (HBA) - Edi Purwanto (EP) yang didukung 4 partai yaitu Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerindra.

Sedangkan, pasangan nomor urut 2 Zumi Zola (ZZ)-Fachrori Umar (FU) disokong Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Nasdem, Hanura, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Selain menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pilkada serentak di Jambi juga digelar di 6 kabupaten/kota. Di antaranya Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Batanghari, Bungo, Kerinci dan Sungaipenuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini