Sukses

Duel Pasaran Mobil Kecil: Suzuki Maruti vs Tata Nano

Masyarakat perkotaan kini amat menyukai mobil kecil yang praktis, irit bahan bakar, dan murah. Produk terbaru Maruti dan Tata Nano bersaing.

Masyarakat perkotaan kini sedang menyukai mobil kecil yang dirasa amat praktis, irit bahan bakar, dan harga yang terjangkau. Dari sekian banyak produk mobil kecil, muncul sosok terbaru Maruti Alto 800 dan Tata Nano.

Seperti ditulis cartrade.com Kamis (30/1/2014) Maruti Alto menjadi pilihan populer di kelasnya. Sementara mobil produk India Tata Nano menjadi kendaraan kecil yang harganya diklaim paling murah di dunia.

Maruti Suzuki Alto 800 Vxi

Maruti Suzuki Alto 800 Vxi didukung oleh mesin cc 796 F8D yang dikawinkan dengan gearbox manual 5 speed. Kekuatan yang dihasilkan sekitar 48 Bhp di 6.000 rpm dan torsi puncak sekitar 69 Nm pada 3.500 rpm. Selain itu, Maruti menawarkan fitur-fitur untuk kenyamanan penumpang dan pengendara seperti AC, power steering dan power window untuk standar model Maruti LXI.

Desain Maruti sudah disempurnakan. Mobil berbobot 715 kg dan mesin peppier amat cocok untuk menelusuri jalanan perkotaan. Kelengkapan lain dari Maruti Suzuki Alto 800 ini antara lain ada di fitur kunci sentral, spion, spoiler belakang, power window depan dan cetakan bodi samping, airbag. Sistem audionya terintegrasi dengan port USB dan topi rodanya penuh.

Harga Maruti Suzuki Alto terendah menurut otosia.com dipatok Rp 47,3 juta.

Tata Nano

Seorang pejabat senior di Tata Motors India mengklaim mobil Tata Nano telah mengalami perubahan signifikan. Menurut bos tersebut mobil Tata Nano dengan beberapa tipe menawarkan apa yang tak ada di kendaraan sejenis lainnya.

Mobil mini Tata Nano langsung mudah dikendarai dan gampang bermanuver. Dengan harga yang amat terjangkau oleh masyarakat luas, mobil ini menawarkan berbagai macam warna dan gaya. Ada 10 pilihan warna, di antaranya, Rouge red, Serena white, Aqua blue, Neon rush, Papaya orange, Meteor silver, Champagne gold, Pearl white, Mojito green, dan Sunshine yellow.

Tata Nano pun diperlengkapi dengan AC terbaik yang tetap bekerja meski suhu mesin tinggi, hiburan musik lewat sistem audionya dan power steering.

Khusus untuk tipe Twist Tata Nano yang fitur power steeringnya dinilai kurang sempurna, kini telah digarap ulang dan diperbaiki dengan menggunakan power steering opsional. Twist Tata Nano terbaru memasukkan Assisted Steering Electric Power. Lampu Tata Nano menggunakan smart LED.

Mesin Tata Nano didukung oleh 624cc, inline mesin silinder kembar yang menghasilkan daya sekitar 38 PS dengan torsi 51 Nm. Dengan berbagai spesifikasi tersebut, Tata Nano berani bersaing dengan Maruti Suzuki Alto yang disebut-sebut menduduki posisi top seller 800.

Inilah daftar harga Tata Nano seperti dilansir otonews.com:

Tata Nano tipe standar versi BSIII Rp 23,1 juta
Tata Nano versi BSIV Rp 23.250.000
* Kedua tipe tersebut tanpa AC dan power window serta central lock

Tata Nano CX versi BSIII Rp 28.350.000
Tata Nano versi BSIV Rp 28.450.000
Tata Nano LX versi BSIII Rp 33.250.000
Tata Nano LX BSIV Rp 33.450.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.