Sukses

Tak Seperti di China, Ini Alasan Wuling Cloud EV di Indonesia Tak Dilengkapi Sunroof

Wuling Cloud EV di Indonesia hadir tanpa dilengkapi sunroof, Wuling Motors memiliki alasan terkait hal ini

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan versi yang dipasarkan di kampung halamannya, China, Wuling Cloud EV di Indonesia hadir tanpa dilengkapi sunroof. Padahal, besar atau kecil, banyak konsumen di Tanah Air yang mempertimbangkan fitur tersebut untuk memilih sebuah kendaraan.

Dijelaskan Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, alasan Cloud EV di Indonesia tidak dilengkapi dengan sunroof adalah penyesuaian, terkait juga dengan harga yang akan ditawarkan.

"Karena ingin menyesuaikan saja. Kita mau penempatan segmennya agar harga kompetitif, tetapi secara fungsional bisa diterima mayoritas," jelas Danang, beberapa waktu lalu.

Lanjut Danang, jika memang Wuling Cloud EV ingin ditambahkan fitur sunroof, maka harga mobil listrik anyar tersebut bisa mencapai Rp 418 jutaan hingga Rp 420 jutaan.

"Ini sifatnya opini ya, karena setahu saya persepsi harga memang masih cukup tinggi di Indonesia. Misalkan, mobil pakai sunroof dan tidak, bisa tambah Rp 8 juta hingga Rp 10 juta. Itu persepsi ya, setelah kita survei ke konsumen langsung," tegas Danang.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, pihaknya melakukan survei kepada konsumen dengan menunjukan mobil tanpa sunroof dengan harga Rp 100 jutaan kepada konsumen.

Kemudian, jika ditambahkan sunroof, maka harga akan bertambah Rp 15 jutaan dan bertanya apakah konsumen masih ingin membeli?

"Konsumen menjawab, harga tersebut kemahalan. Kita turunkan jadi Rp 10 juta, oh ternyata mereka merespon dengan baik. Tapi, biaya Rp 10 juta untuk menambah satu fitur sunroof, masih terlalu mahal untuk calon pembeli Cloud EV," tukasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi canggih

Bicara soal Cloud EV, mobil listrik ini dibekali fitur cukup lengkap. Selain fitur Wind, atau perintah suara dalam bahasa Indonesia, Wuling Cloud EV ini juga dibekali dengan fasilitas vehicle status monitoring via MyWuling+ menyajikan informasi penting untuk penggunanya mengenai kendaraan secara real-time.

Berbagai informasi seperti lokasi kendaraan, total odometer, sisa daya baterai dan jarak tempuh, hingga status fungsi kendaraan dapat diketahui oleh pemilik Cloud EV.

Kendaraan listrik ketiga Wuling ini juga dilengkapi dengan fitur teknologi pintar lainnya, yakni smart electric tailgate yang dapat dioperasikan melalui perintah suara, head unit, dan key detection sehingga menambah kemudahan saat memasukan dan mengeluarkan barang bawaan melalui bagasi.

Teknologi pintar lainnya, seperti All-Around 360° Camera, Wireless Charger, USB Port dengan kemampuan Fast Charging 20W, hingga 6 speaker turut tersemat pada mobil listrik ini.

Demi menjamin keselamatan dalam berkendara, ragam fitur keselamatan dihadirkan yang terdiri dari Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), Electronic Stability Control, ABS & EBD, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, sampai dengan 4 SRS Airbags turut mendukung perjalanan yang aman dan nyaman bagi para pengguna Cloud EV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.