Sukses

Baojun Yep Plus, SUV Listrik Murah Meriah dari Tiongkok

Baojun yang merupakan sub-brand perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling belum lama ini merilis SUV listrik bernama Yep Plus di China. Desain mobil listrik ini terinspirasi dari Suzuki Jimny 5 pintu namun dibuat lebih modern.

Liputan6.com, Jakarta - Baojun yang merupakan sub-brand perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling belum lama ini merilis SUV listrik bernama Yep Plus di China. Desain mobil listrik ini terinspirasi dari Suzuki Jimny 5 pintu namun dibuat lebih modern.  

Mobil ini ditawarkan dengan harga cukup terjangkau, yakni 93.800 yuan atau setara Rp209,6 juta dan 103.800 yuan atau Rp232 jutaan sebagai tipe termahalnya.

Harga kendaraan listrik di China memang sangat terjangkau, lantaran diberi insentif pajak oleh pemerintahnya. Angka sebesar itu kalau dibelanjakan di Indonesia hanya bisa mendapat LCGC atau kelas city car.

Terlepas dari hal ini, Baojun Yep Plus diposisikan sebagai SUV listrik kecil murni yang mengusung arsitektur Tianyu.

Ia memiliki panjang 3.996 mm, lebar 1.760 mm, tingi 1.726 mm dengan jarak sumbu roda 2560 mm. Ground clearance 150 mm, radius putar 5,35 m, dan berat total 1.325 kg.

Untuk performa berkendara. Yep Plus dimotori oleh dinamo penggerak tunggal yang dipasang di depan (FWD). Menurut pabrikan, jantung elektrik dapat menghasilkan tenaga 75 kW (PS) dan torsi puncak 180 Nm.

Sumber tenaga berupa baterai lithium iron phosphate 41,9 kWh yang dipasok oleh Guoxuan High-Tech. Menurut Baojun, kecepatan tertinggi mencapai 150 km/jam dan daya jangkauan (CLTC) sekitar 401 km. 

Ia cocok dipakai untuk berselancar dan mobilitas perkotaan. Pengisian daya cepat (DC fast charging) maupun slow charging tersedia. Dalam pengisian cepat, diperlukan waktu 35 menit untuk mengisi ulang baterai dari 30 persen hingga 80 persen.

Baojun Yep Plus didukung empat mode berkendara untuk memberi preferensi pengemudi. Ada economy+, economy, standard, dan sports. 

Kalau Anda lihat, Baojun Yep Plus melanjutkan rancangan Baojun Yep (tiga pintu). Mereka sama-sama mengadopsi bahasa desain Square Box+ dengan lima pintu.

Kemudian format tata letak empat tempat duduk, memberikan kesan off-road sungguhan. Muka depan tanpa rongga udara.

Sebagai pengganti, ia dihiasi panel hitam dan dilengkapi lampu depan LED di kedua sisi. Bumper juga agak mirip dengan Suzuki Jimny. Baik fender maupun pelek sengaja dilapis kelir gelap biar tampak garang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Lain

Elemen desain penting lain termasuk suspended roof, roof rail box, pelek palang lima 16 inci, dan lampu belakang bulat retro. Selain itu, desain kotak eksternal di bagian belakang dibatalkan.

Sebagai gantinya, logo Baojun ditambahkan di tengah. Pintu belakang masih mempertahankan desain bukaan samping, bukan ke atas.

Lanjut di dalam, kokpit memiliki roda kemudi palang tiga, panel instrumen LCD penuh 8,8 inci, dan layar head unit mengambang 10,1 inci. Konsol tengah memiliki tempat cangkir dan bantalan pengisi daya nirkabel untuk ponsel.

Sebagai model Plus, terdapat 28 ruang penyimpanan di seluruh interior. Terus, di bagasi menyediakan ruang penyimpanan standar 385 liter. Setelah jok belakang dilipat, volume bagasi maksimal bisa diperluas hingga 1.715 liter.

Ia sangat lapang. Ruang kepala depan 1.043 mm, di belakang 1.061 mm, kaki depan 913 mm, dan kaki belakang 870 mm.

Akankah masuk Indonesia? Sementara ini mereka membawa Cloud EV. Tak menutup kemungkinan bila ceruk pasar meluas, mereka menawarkannya di sini.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.