Sukses

Shin Tae-Yong Ternyata Hobi Kebut Mobilnya di Korea, Ini Isi Garasinya

Shin Tae-yong membeberkan bahwa dirinya gemar mengendarai mobilnya dengan kecepatan yang lumayan ketika berkendara di Korea.

Liputan6.com, Jakarta - Usai mengantarkan Tim Nasional (timnas) sepak bola Indonesia U-23 ke semifinal Piala Asia 2024 di Qatar, ketua pelatih Shin Tae-yong menerima hadiah mobil listrik divisi mewah Hyundai, Genesis Electrified G80 dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Mobil tersebut diserahkan pada Selasa (14/5/2024).

Menerima versi elektrifikasi dari G80 milik Genesis, dalam acara seremonial tersebut, pria yang popular disapa STY itu mengisyaratkan dirinya adalah salah satu penggemar Grandeur.

"Dari dulu Hyundai itu memang terkenal mobil Grandeur, tapi saat ini memang dengan adanya Gensis dari Hyundai, jadi memang yang booming dan yang keren di Hyundai itu ya sekarang mobil Genesis," ungkapnya dalam acara di Hyundai Driving Experience SCBD, Jakarta.

Mengakui hal tersebut, STY juga membeberkan bahwa dirinya gemar mengendarai mobilnya dengan kecepatan yang 'lumayan'. Meski begitu, itu hanya dilakukannya di Korea karena di jalanan Indonesia, dirinya mengandalkan sopir.

"Di Korea ada G SUV, dan anak saya yang kecil dan besar sama juga menggunakan mobil Hyundai, Grandeur, dan memang saya senang setir sendiri dengan kecepatan yang lumayan," STY mengungkapkan.

Tak diketahui persis model G SUV apa yang dimiliki pada garasinya di Korea. Diduga adalah Genesis GV80 yang merupakan versi SUV dari sedan G80 yang baru diberikan padanya.

Sementara dua anaknya, Shin Jae Won dan Shin Jae Hyuk diakuinya menggunakan sedan Hyundai Grandeur, yang lebih mewakili kegemaran pribadi STY yang kini membutuhkan space lebih besar untuk keluarga.

Sebagai informasi, Hyundai Grandeur Korea lebih dikenal sebagai Hyundai Azera di pasar global. Itu artinya, STY tak pernah sebelumnya memakai mobil listrik, karena ketiganya menganut powertrain hybrid.

Mobil dinas Genesis Electrified G80 akan menjadi mobil listrik pertama yang menurutnya juga sedikit membuatnya kagok. "Sebelumnya memang ada mobil hybrid, tetapi ini yang pertama. Saya agak sedikit khawatir karena baru pertama kali, banyak enggak sih charging station-nya?" dirinya mengatakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Genesis GV80

Jika benar mobil Shin Tae-yong di Korea sana adalah GV80, jelas modelnya bukanlah keluaran 2025 yang baru akan mengaspal pada akhir tahun.

Dengan banderolan mulai 82,5 juta won Korea atau setara Rp 937 juta, SUV crossover mewah ini berbagi platform yang sama dengan sedan G80 dan hadir dengan penggerak seluruh roda di segala varian trimnya.

Mesin yang ditanamkan di depan adalah mesin bensin empat silinder 2,5 liter turbocharged yang dapat mengeluarkan 300 tenaga kuda dan torsi puncak 421,6 Nm yang akan disalurkan ke seluruh roda lewat transmisi otomatis 8-percepatan.

Pilihan mesin dapat ditingkatkan menjadi V6 3,5 liter twin-turbo yang akan meningkatkan tenaganya menjadi 375 tenaga kuda dan torsi 530 Nm.

Dengan keluaran tersebut, performa mobil ini di jalanan akan kuat mencapai kecepatan maksimum 237 km/jam dan mampu dikebut dari 0-96 km/jam dalam waktu 6,1 detik.

Sementara versi mesin V6 nya akan lebih cepat dengan kecepatan maksimum 240 km/jam dengan akselerasi 0-96 km/jam dalam waktu 5,3 detik.

3 dari 4 halaman

Hyundai Grandeur Alias Azera

Sementara itu, Grandeur seperti milik kedua anak STY memiliki tiga varian mesin, yakni 2,5 liter 4-silinder segaris yang menghasilkan tenaga 195 tenaga kuda dan 248 Nm ke roda depannya, mesin 1,6 liter turbocharged yang menghasilkan 237 tenaga kuda dan torsi 314 Nm, serta mesin 3,5 liter V6 yang menghasilkan 296 tenaga kuda dan 359 Nm ke seluruh rodanya.

4 dari 4 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini