Sukses

One UI 6.1 Meluncur di Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34, Tapi Enggak Ada Fitur Andalan Ini

One UI 6.1 resmi meluncur ke Galaxy A54 dan A34. Kendati demikian, pembaruan tersebut tak menghadirkan fitur andalan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah merilis One UI 6.1 ke sejumlah ponsel flagship keluaran lama, akhirnya Samsung merilis pembaruan tersebut ke jajaran ponsel mid-range mereka.

Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34 bakal menjadi ponsel kelas menengah pertama yang akan mencicipi update One UI tersebut. Kendati demikian, pembaruan tersebut tidak menghadirkan fitur Galaxy AI yang menjadi jualan utama One UI 6.1.

Dikutip dari Android Headlines, Rabu (15/5/2024), pembaruan One UI 6.1 untuk Galaxy A54 dan A34 telah digulirkan di Korea Selatan. Hal tersebut terbilang wajar dikarenakan Samsung sering memberikan update One UI perdana di negara asalnya.

Sebagai informasi, build number dari One UI 6.1 di kedua ponsel tersebut adalah A546SKSU4CXDC dan A346NKSU5CXD5.

Bagi kamu yang menunggu pembaruan ini di ponsel kamu, jangan khawatir. Sebab, update One UI 6.1 di A54 dan Galaxy A34 bakal rilis di seluruh negara secara bertahap.

Jika kamu mengharapkan fitur AI di kedua model ponsel itu, nampaknya kamu akan kecewa. Karena pembaruan tersebut tidak hadir dengan Galaxy AI.

Tapi jangan bersedih, One UI 6.1 juga menghadirkan fitur yang tak kalah menarik, seperti Wallpaper Editor, pilihan lock screen yang lebih beragam, pengaturan kalender lebih intuitif, fitur kesehatan yang diperbarui, multitasking lebih lancar, dan lain sebagainya.

One UI 6.1 akan menjangkau lebih banyak perangkat Galaxy dalam beberapa hari mendatang, termasuk ponsel kelas menengah di seri Galaxy M, dan Galaxy A versi terjangkau.

Meski pembaruan One UI 6.1 ke ponsel mid-range menghadirkan sejumlah peningkatan di segi software, jangan berekspektasi kalau update tersebut menghadirkan fitur Galaxy AI. Sebab, fitur tersebut eksklusif untuk smartphone flagship Samsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Penting One UI 6.1

Sebagai informasi, One UI 6.1 merupakan pembaruan terbaru untuk ponsel Samsung Galaxy. Apabila ponsel Samsung kamu mendukung pembaruan One UI 6.1, maka smartphone kamu akan mendapatkan sejumlah fitur baru dan perbaikan di segi software.

Berikut beberapa fitur yang dihadirkan One UI 6.1:

Galaxy AI

Fitur AI adalah keunggulan dari One UI 6.1. Namun, fitur ini hanya hadir pada perangkat Galaxy tertentu, seperti Galaxy S22 series, S23 series (termasuk S23 FE), Galaxy Tab S9 series (termasuk Galaxy Tab S9 FE, Tab S9 FE+), Tab S8 series, Galaxy Z Fold 5/Flip 5, Galaxy Z Fold 4/Flip 4.

Jika kamu memiliki salah satu smartphone tersebut, kamu akan meraskan fitur eksklusif yang terdapat di Galaxy AI, seperti AI Wallpaper, Real-Time Translation, Circle to Search, Note Assist, Browser Assist, dan Generative Edit.

Untuk mendapatkan fitur itu, pastikan smartphone kamu telah diperbarui ke One UI 6.1.

Animasi yang Lebih Halus

Animasi di One UI 6.1 terasa lebih halus dibandingkan seri sebelumnya. Animasi yang diperbarui ini dapat menambah pengalaman perangkat yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

Perlindungan Baterai yang Lebih Baik

One UI 6.1 menghadirkan perlindungan baterai yang lebih baik. Pengguna akan mendapatkan tiga mode perlindungan baterai: Dasar, Adaptif, dan Maksimum.

Perlindungan dasar menjaga daya baterai smartphone tetap antara 95% dan 100%, sedangkan perlindungan adaptif menjeda pengisian daya saat pengguna tidur dan menyelesaikannya tepat sebelum pengguna bangun. Perlindungan maksimum membatasi pengisian daya maksimum hingga 80% untuk kesehatan baterai yang lebih baik.

Widget Baru

Terdapat widget baru untuk layar beranda dan layar kunci agar lebih personal.

4 dari 4 halaman

Samsung Mulai Uji Coba One UI 7 di Galaxy S24

Di sisi lain, Samsung dilaporkan tengah menguji One UI 7 di lini Galaxy S24, meski perusahaan asal Korea Selatan itu juga masih mengembangkan dan memperbarui One UI 6.1 ke sejumlah produk lawas mereka.

Berdasarkan laporan dari SamMobile, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Sabtu (11/5/2024), firmware baru dengan nomor versi S928BXXU2BXE2 dan S926BXXU2BXE1 baru saja muncul di server Samsung di Eropa.

Menurut laporan tersebut, nomor versi yang ditemukan itu digadang-gadang merupakan pembaruan awal One UI 7. Sebab, huruf keempat dari kanan sudah berubah dari A menjadi B, yang menandakan versi One UI terbaru itu mulai diuji coba.

Laporan tersebut juga menyebut kalau update One UI itu mulai diluncurkan di lini Samsung Galaxy S24.

Terlihat dari empat kode awal dari nomor versi S928BXXU2BXE2 yang merujuk pada Galaxy S24 Ultra, serta S926BXXU2BXE1 yang merujuk pada Galaxy S24+.

Kendati demikian, masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang akan dipersiapkan Samsung dalam pembaruan One UI 7 tersebut.

Namun mengingat ini akan menjadi update besar-besaran dari Samsung, kemungkinan besar One UI 7 akan memiliki fitur baru dan peningkatan pesat dari generasi sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.