Sukses

Cetak Mekanik Andal, Begini Cara UD Trucks Bangun Pondasi Tenaga Kerja Terampil

Astra UD Trucks, bersama UD Trucks Indonesia terus mempersiapkan tenaga kerja unggulan di industri otomotif, khususnya di segmen kendaraan komersial

Liputan6.com, Jakarta - Astra UD Trucks, bersama UD Trucks Indonesia terus mempersiapkan tenaga kerja unggulan di industri otomotif, khususnya di segmen kendaraan komersial. Salah satu yang dilakukan, adalah bermitra dengan SMK Perguruan Cikini Jakarta, dengan peluncuran program pendidikan SMK Kelas Quester sejak 2023.

Program ini, juga sebagai inisiatif untuk menanamkan pentingnya keselamatan kerja di kalangan anak muda yang akan masuk ke dunia industri.

Dengan pendekatan holistik, program ini menggabungkan pelajaran teknis mendalam dengan praktik keselamatan kerja, memberikan siswa pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya menjaga keamanan di tempat kerja.

Sebelumnya, UD Trucks juga sempat membawa 40 siswa yang terlibat dalam program ini mengunjungi gelaran Giicomvec 2024, beberapa waktu lalu.

Kunjungan ini untuk dapat melihat langsung teknologi terbaru, dan memahami bagaimana praktik keselamatan diimplementasikan dalam teknologi kendaraan komersial modern.

Budi Rudianto, Service Marketing Dept Head Astra UD Trucks, mengatakan komitmen Astra UD Trucks terhadap keselamatan merupakan bagian integral dari DNA pabrikan.

"Melalui program ini, kami berharap untuk menginspirasi siswa dan menanamkan nilai-nilai yang kami pegang teguh, membantu membangun ekosistem industri yang lebih aman dan lebih produktif," jelas Budi, dalam keterangan resmi, Kamis (14/3/2024).

Program yang mulai dicanangkan sejak 2023 ini telah banyak membuahkan tenaga kerja yang sangat kompeten di bidangnya yang dibentuk sehingga berkesempatan untuk berkontribusi sebagai mekanik di Astra UD Trucks.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerita Inspirasi

Salah satu cerita inspirasi dari Tri Mulyono yang dahulu seorang mekanik dan sekarang Workshop Head Astra UD Trucks Cabang Tangerang, menegaskan nilai program Pendidikan yang diterima telah menjadi fondasi karirnya.

"Ini lebih dari sekadar mempelajari keterampilan; ini tentang membangun kompetensi, budaya keselamatan dan pribadi yang unggul. Melalui program Pendidikan serupa seperti ini, saya dipersiapkan untuk menapak jenjang karir lebih tinggi," tegasnya.

Program pendidikan SMK Kelas Quester oleh Astra UD Trucks dan SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta, merupakan langkah maju dalam pendidikan vokasi, menawarkan lebih dari sekadar pengetahuan teknis, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dalam industri otomotif Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.