Sukses

Maling di Tebet Viral Usai Sulit Kabur Karena Motornya Mogok, Diledek Suruh Servis Motor

Sudah jatuh tertimpa tangga. Tiga pemuda komplotan maling di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, usai gagal melancarkan aksi, kesulitan kabur karena motor mogok, terekam jelas CCTV pula.

Liputan6.com, Jakarta - Tertangkap CCTV, komplotan maling di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, gagal melancarkan aksi pencurian menggasak rumah warga berkat deteksi CCTV rumah yang membunyikan alarm kencang.

Aksi tak terpuji tiga orang pemuda tersebut dilancarkan di malam hari, Minggu 18 Februari. Saat itu beberapa kendaraan masih terlihat lalu lalang di jalanan depan rumah target pencurian. Lantas ketiganya menunggu jalanan sepi untuk melancarkan aksinya.

Seorang berbaju hitam, celana jeans, tanpa alas kaki, dengan topi yang dikenakan terbalik, terlihat bertugas sebagai eksekutor, sedang dua orang lainnya menjaga di luar. Satu sebagai driver dan satu lagi mengawasi situasi.

Aksi yang dilancarkan ketiga pemuda tersebut alhasil tak membuahkan apapun kecuali rasa malu. Pasalnya, rekaman CCTV tersebut tersebar dan ramai disaksikan orang-orang di platform berbagi pesan singkat X. Lucunya lagi, saat berusaha kabur, motor matic 110cc yang dikendarai ketiganya mendadak mogok.

Si driver berjaket parasut hitam putih kesulitan menyalakan motor. Berkali-kali menyela kick starter, mesin motor tak kunjung berderu.

Akhirnya si eksekutor turun tangan bergantian mencoba menyalakan motor. Motor menyala, eksekutor menyupir di depan membonceng dua teman malingnya di belakang.

Ketiganya berhasil kabur tanpa membawa barang atau uang sepeserpun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramai di Media Sosial X

Video rekaman CCTV komplotan maling gagal yang diunggah pada Selasa (20/2) itu berhasil menuai 4 ribu suka di laman X @MiskinTV.

Dengan santainya, si eksekutor berjalan melompati pagar rumah kemudian kembali melompatinya lagi untuk keluar setelah alarm CCTV rumah berbunyi kencang. Tanpa ekspresi dan gerak-gerik yang menunjukkan rasa panik, pelarian berjalan lancar dengan sedikit hambatan motor mogok.

Walau tak kepergok sang pemilik rumah dan warga sekitar saat kejadian berlangsung, ketiganya meninggalkan rekaman jernih CCTV yang jelas menangkap muka pelaku.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun X @REP0RT_ID pada hari yang sama dan menuai berbagai tanggapan. Beberapa mendapat kesadaran akan pentingnya CCTV dan menanyakan dimana mendapatkan CCTV beralarm. Lainnya justru meledek si maling supaya menyervis motornya terlebih dahulu.

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Pada unggahan @REPORT_ID, seorang dengan identitas online @tediteni justru meledek dengan memberi solusi bagi si maling untuk hendak membetulkan motornya.

"Itu Kalo bukan akinya yg soak, Coba cek magnet dinamonya. Skalianan cek kiproknya, takutnya ga ngisi optimal," tulis @tediteni

"Bisa jg plat nomornya miring..jd strum ga masuk jok..😇😇😇😇," balas pengguna lain bernama @Kusjang5 yang kemudian ditimpali lagi oleh @tediteni yang menertawai jika ledekannya malah diteruskan.

Pada komentar dalam unggahan di laman @MiskinTV, pengguna akun @MasPras30041667 mempertanyakan persoalan maling-maling hari ini yang kerap ditemui menaiki motor jenis matic.

"Maling n begal sekarang motornya matik 110 an semua, pada kemana ya yg dulu naik RK-King?," komentar @MasPras30041667.

"contoh maling yang tidak mempunyai persiapan yang matang. masa motornya kudu disela dulu 🤣," tambah @abdulkodir.

Dengan muka terpampang di rekaman jelas CCTV tersebut, pelaku nampaknya selain harus memperbaiki motornya, juga harus menerima proses hukum akibat ulahnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Larangan Turis Asing Pakai Sepeda Motor Sewaan di Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini