Sukses

Livery Motor Balap HRC Beda Jauh Dibanding Saat Masih Ada Marc Marquez

Livery motor balap tim pabrikan Honda Racing Corporation (HRC) tampil berbeda dibanding saat masih ada Marc Marquez.

Liputan6.com, Jakarta - Livery motor balap tim pabrikan Honda Racing Corporation (HRC) berbeda jauh dibanding saat masih ada Marc Marquez.  Nuansa Repsol yang identik dengan warna oranye sangat berkurang pada livery Honda RC213V. Sekarang mengusung cat biru tua, merah, dan oranye.

Posisi logo Repsol diturunkan ke fairing bawah, tempat yang dahulu diisi Red Bull. Mengecilnya logo Repsol diyakini akibat pindahnya Marc Marquez ke Gresini Ducati.

Kemudian posisi yang tadinya ada logo Repsol diganti jadi logo Honda berukuran besar. Serta tagline Astra Honda Motor (AHM) One Heart dan Satu Hati masih setiap menempel di bagian dekat jok.

Sementara sepatbor depan dan pelek kini pakai warna hitam. Bikin tampilan RC213V seperti lebih gelap dari versi-versi sebelumnya.

Di sisi lain, livery baru merupakan perayaan 30 tahun kolaborasi dan kemitraan antara Honda HRC dengan perusahaan minyak raksasa asal Spanyol. Ini merupakan kemitraan terlama dalam dunia motorsport roda dua.

Hubungan ini telah menghasilkan 15 Kejuaraan Dunia, enam Juara Dunia berbeda, 183 kemenangan kelas premier, 455 podium dan sembilan Triple Crown.

Bisa dibilang, ini merupakan perubahan paling radikal skuad Repsol Honda sejak 1995. MotoGP 2024 sendiri jadi musim pertama Repsol Honda tanpa Marc Marquez yang sudah memperkuat tim sejak 2013. Musim ini tim diisi Joan Mir dan Luca Marini. 

Sebagai tim tersukses di MotoGP dengan gelar juara dunia untuk Mick Doohan, Alex Criville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, dan Marc Marquez, Repsol Honda belum pernah meraih kemenangan di balapan sejak sukses Marquez finis pertama di Misano pada akhir MotoGP 2021.

Namun, Alex Rins dari LCR Honda mematahkan paceklik kemenangan Honda di MotoGP Amerika Serikat 2023. Meski demikian, Honda tetap berada di posisi terbawah klasemen konstruktor, sama seperti Yamaha.

Tapi sekarang mereka mendapatkan keuntungan dari aturan konsesi teknis yang telah direvisi untuk musim 2024.

Termasuk akses untuk melakukan pengujian pribadi dengan para pembalap, pembebasan dari pembekuan desain mesin, dan lebih banyak pembaruan aero.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Musim Penting Bagi HRC

Honda RC213V 2024 tidak hanya menghadirkan livery baru, tetapi juga sejumlah peningkatan pada seluruh mesin. Mulai dari revisi aerodinamis hingga penyempurnaan pada mesin dan sasis.

Penelitian dan pengembangan intensif di luar musim telah melahirkan sepeda motor yang merupakan langkah pertama dalam menutup kesenjangan dan berjuang untuk posisi terdepan.

Baik Tetsuhiro Kuwata, General Manager HRC, dan Alberto Puig, Manajer Tim Repsol Honda, menyoroti pentingnya musim ini untuk tim dan kejuaraan.

Pada tes pramusim MotoGP Sepang beberapa waktu lalu, Joan Mir menempati posisi sepuluh. Dia berselisih 0,692 detik dari juara dunia MotoGP 2023 sekaligus pembalap tercepat, Francesco Bagnaia.

Sementara Luca Marini, adik kandung Valentino Rossi, berada di urutan ke-19 atau memiliki gap 1,326 detik dari Bagnaia.

Tes berikutnya berlangsung di Sirkuit Lusail, Qatar pada 19-20 Februari. Sementara seri perdana digelar di trek sama pada awal Maret.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.