Sukses

Penjualan Isuzu Indonesia di 2023 Naik Tipis, Elf Jadi Model Paling Dicari

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melaporkan penjualan di sepanjang 2023 mengalami peningkatan dibanding capaian 2022. Isuzu Elf menjadi produk yang paling diminati konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melaporkan penjualan di sepanjang 2023 mengalami peningkatan dibanding capaian 2022. Isuzu Elf menjadi produk yang paling diminati konsumen.

"Selama 2023, Isuzu berhasil menjual 30.085 unit untuk membantu perekonomian, dengan pencapaian market share sebesar 27,7 persen," terang Presiden Direktur IAMI Yusak Kristian Solaeman di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Isuzu Elf menempati posisi pertama sebagai produk terlaris dengan penjualan sebanyak 14 ribu unit. Disusul Isuzu Traga yang terjual lebih dari 11 ribu unit.

"Namun secara persentase, kenaikan yang sangat pesat justru didapat Isuzu Giga dari sektor commercial dimana terdapat peningkatan sebesar 34,5 persen dan Isuzu Mu-x dari sektor light commercial mengalami peningkatan sebesar 94,7 persen. Dari sisi suku cadang, terjadi kenaikan cukup signifikan yaitu 19,8 persen dan ini menjadi capaian terbaru atau new record bagi Isuzu Indonesia," beber Yusak.

"Hal ini menunjukkan performa IAMI mengalami pertumbuhan yang konkrit serta mencerminkan kinerja yang solid dari sisi internal untuk bisa meraih perhatian pasar di tengah kondisi pasar yang sedang mengalami penurunan," tambahnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, pencapaian ini tidak terlepas dari pertumbuhan dari sektor konsumsi rumah tangga yang berdampak pada bisnis ritel.

"Kemudian dari sektor transportasi yang terus mengalami pertumbuhann sejak Covid-19, serta permintaan di sektor tambah yang terus tumbuh di tengah moderasi harga komoditas global," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target 2024

Berkaca pada pencapaian pada tahun lalu, IAMI menargetkan peningkatan penjualan sebesar 2-3 persen di sepanjang 2024. Guna memuluskan rencana tersebut, IAMI telah menyiapkan sejumlah strategi.

"Di 2024, Iami akan meningkatkan bisnisnya dengan memperluas lingkup usahanya serta menggaet lebih banyak konsumen. Langkah-langkah konkrit yang akan diambil meliputi peningkatan portofolio produk dan penyempurnaan layanan aftersales, memaksimalkan pabrik di Karawang, memperbesar ekosistem dan stakeholder serta memperkuat pilar-pilar bisnis," jelas Yusak.

"Di 2024, IAMI menargetkan untuk menjual lebih dari 30 ribu unit dan berkontribusi lebih dari 30 persen. Selain itu kami juga berencana meningkatkan bisnis spare part dengan pengembangan utilitas pabrik sebesar 11 persenan untuk memenuhi permintaan pasar," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini