Sukses

Jangan Sampai Terkecoh, Begini Cara Tepat Mendapatkan Suku Cadang Mobil dan Motor yang Asli

Kendaraan bermotor tentu perlu dirawat agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik untuk mengantar sopir dan penumpangnya sampai tujuan dengan selamat. Salah satu yang perlu dijaga adalah menggunakan suku cadang asli sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan bermotor tentu perlu dirawat agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik untuk mengantar sopir dan penumpangnya sampai tujuan dengan selamat. Salah satu yang perlu dijaga adalah menggunakan spare part asli sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

“Seiring dengan perkembangan teknologi, sangat mudah untuk mengembangkan suku cadang tiruan dengan kualitas dan harga yang berbeda di pasaran. Sebagai produsen kendaraan bermotor yang peduli dengan keberlangsungan penggunaan kendaraan di tangan konsumen, Suzuki menganjurkan agar para pelanggan setia kami menggunakan suku cadang asli yang dapat dibeli langsung melalui jaringan dealer resmi atau aplikasi MySuzuki. Perlu diketahui bahwa spare parts sangat signifikan dalam menentukan performa dan umur pakai kendaraan, yang pada akhirnya juga dirasakan dalam segi keamanan dan kenyamanan ketika berkendara sehari-hari,” ungkap Christiana Yuwantie, Spare Parts Dept. Head PT SIS.

Suzuki Indonesia berbagi tips seputar suku cadang asli, mulai dari manfaat, cara mengenali spare parts asli, dan cara membeli spare parts asli. Berikut ulasannya.  

Tentang spare parts asli

Setiap spare parts memiliki fungsi yang berbeda-beda yang bila digabungkan maka komponen-komponen ini akan saling mempengaruhi satu sama lain sehingga kendaraan dapat berfungsi secara maksimal.

Penggunaan suku cadang asli yang telah terstandarisasi ini dinilai menjadi jenis terbaik untuk digunakan pada kendaraan karena telah teruji oleh teknisi yang kompeten, memiliki usia pakai yang dua hingga tiga kali lipat lebih lama dibanding jenis aftermarket atau tiruan, serta menjaga kesehatan kendaraan dalam jangka panjang yang pada akhirnya berpengaruh pula terhadap biaya perawatan kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara membedakan spare parts asli dan palsu

Membedakan spare parts asli dan tiruan dapat dilakukan secara mandiri dan mudah. Pelanggan tidak perlu merasa khawatir karena spare parts yang asli dan tiruan ini memiliki perbedaan yang dapat dilihat dan dilacak. Perbedaan yang paling signifikan dapat dilihat melalui kualitas warna dan tulisan pada kemasan.

Biasanya, spare parts asli dikemas dengan kemasan khusus yang didukung dengan identifikasi yang berkualitas dan memiliki hologram khusus jika dibandingkan dengan yang tiruan. Bila ingin memeriksa dengan lebih teliti dan akurat, pelanggan juga dapat menyesuaikan nomor seri yang ada pada kemasan spare parts dengan katalog resmi Suzuki. Selain itu, spare parts yang asli dibeli di Jaringan Penjualan Spare Parts Suzuki memiliki garansi resmi selama 12 bulan atau 20.000 km untuk mobil, serta masa garansi 6 bulan untuk spare parts sepeda motor dan mesin tempel kapal atau Outboard-Motor (OBM).

3 dari 3 halaman

Membeli spare parts melalui sumber yang terpercaya

Seiring berjalannya waktu, ditambah dengan meningkatnya intensitas penggunaan kendaraan, beberapa spare parts dapat mengalami keausan dan kerusakan yang menyebabkan performa mobil menurun. Ketika hendak melakukan penggantian spare parts kendaraan, pelanggan setia Suzuki harus cermat dalam menentukan sumber penjualan spare parts yang terpercaya dan terjamin. Untuk mengurangi rasa cemas dan memastikan spare parts yang dibeli asli, pengguna kendaraan Suzuki dapat mencari dan membeli spare parts melalui aplikasi MySuzuki atau datang langsung ke Bengkel Resmi Suzuki dan Part Shop rekanan resmi dari Suzuki.

“Penggunaan spare parts untuk kendaraan menjadi sebuah investasi bijaksana yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Karena dengan demikian, maka kualitas kendaraan yang dimiliki dapat dipastikan tetap terjaga. Untuk memastikan spare parts yang digunakan, pelanggan dapat membeli atau melakukan penggantian spare parts di bengkel resmi Suzuki terdekat. Namun, jika pelanggan ingin melakukan pembelanjaan dan konsultasi secara daring, Suzuki telah menyediakan layanan MySuzuki sebagai solusi belanja spare parts secara online. Pelanggan hanya perlu mengunduh aplikasi MySuzuki melalui Play Store maupun App Store,” tutup Christiana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini