Sukses

Demi Mobil Listrik, Ford Suntik Mati Fiesta

Ford telah mengkonfirmasi bakal menghentikan produksi dari salah satu model terlarisnya, Fiesta

Liputan6.com, Jakarta - Ford telah mengkonfirmasi bakal menghentikan produksi dari salah satu model terlarisnya, Fiesta. Model terakhir dari mobil kompak yang populer di dunia ini akan keluar dari fasilitas perakitan pada 7 Juli 2023.

Disitat Autocar, Senin (3/7/2023) berhentinya produksi Ford Fiesta ini menandakan kiprah selama 47 tahun dan delapan generasi dari Ford Fiesta.

Sementara itu, Ford Fiesta dihentikan produksinya karena perusahaan asal Amerika Serikat itu membutuhkan ruang di pabrik untuk memproduksi SUV listrik Ford Explorer yang akan datang.

"Kami memutuskan untuk membangun kendaraan listrik volume tinggi pertama kami di sini di Cologne (Jerman)," ujar Martin Sander, Manajer Umum Ford Model E.

"Tiba saatnya kami membutuhkan ruang untuk kontruksi, karena kami mengubah pabrik Fiesta menjadi pabrik yang sepenuhnya bertenaga baterai. inilah mengapa kami harus membuat keputusan bahwa kami harus menghentikan produksi Fiesta," tambahnya.

Pusat EV Cologne sebagai pabrik netral karbon pertama Ford, secara resmi dibuka pada 12 Juni lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiprah Ford Fiesta

Sebagai informasi, Fiesta secara konsisten masuk ke dalam daftar tahunan 10 mobil terlaris di Inggris sejak peluncurannya pada 1976 dan memegang posisi teratas antara tahun 2009 dan 2020.

Namun, pada 2021, Fiesta keluar dari daftar 10 besar mobil terlaris karena pandemi Covid-19 dan terkendala krisis rantai pasokan.

Banyak pabrikan terpaksa mengalihkan stok suku cadang dari mobil kecil yang kurang menguntungkan, ke crossover dan SUV yang lebih banyak permintaannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.