Sukses

Kocak, Mobil Tentara India Bisa Dibongkar Pasang Hanya dalam Waktu Dua Menit

Mobil militer memang dirancang lebih tangguh agar dapat menghadapi berbagai situasi di medan perang. Namun, ternyata selain kuat dan kokoh, beberapa mobil militer juga dirancang agar mudah dibongkar.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang digunakan untuk keperluan militer, memiliki spesifikasi yang berbeda dari mobil yang dipasarkan untuk umum. Tentunya, mobil militer dirancang lebih tangguh agar dapat menghadapi berbagai situasi di medan perang.

Namun, ternyata selain kuat dan kokoh, beberapa mobil militer juga dirancang agar mudah dibongkar. Salah satu contohnya adalah mobil milik angkatan darat India yang bernama The Border Security Post (BDS).

Melalui akun Twitter resminya @BSF_India, angkatan bersenjata ini menunjukkan video anggota tentara mereka yang sedang mendemonstrasikan bongkar pasang mobil hanya dalam waktu dua menit. Unggahan tersebut dibagikan pada 7 April 2022 yang lalu. Akan tetapi, sekitar satu pekan lalu video ini kembali ramai setelah disebarkan oleh akun Instagram @seputar.netizen.

Dalam cuplikan itu terlihat ada 8 tentara yang sedang menaiki satu mobil jip loreng berukuran kecil. Lalu, tiba-tiba mereka semua turun dan mulai mempreteli mobil itu satu per satu. Beberapa dari mereka langsung melepaskan bagian kap mesin dan pintu. Sementa itu, beberapa lainnya mencopot mesin dan girboks.

Kemudian semua bagian tersebut diangkat melewati halangan ada di depannya. Batu-batu palsu tersebut sengaja diletakan untuk demonstrasikan ketika situasi mobil sedang terjebak. Setelah memindahkan bagian-bagian tersebut, mereka melepas rangka mobil lalu meletakkannya ke belakang. Kini mobil militer tersebut tinggal tersisa bagian sasis, roda, dan kaki-kaki. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil yang Digunakan adalah Suzuki Maruti Gypsy

Lalu, para tentara ini lanjut memisahkan bagian roda dan kaki-kaki dari sasis. Sesudah itu, mereka memindahkan ketiga bagian tersebut menyeberangi halangan untuk kembali dipasang. Pemasangan dimulai dari roda, sasis, dan kaki-kaki. Usainya para tentara India tersebut kembali meletakkan mesin dan girboks pada tiga komponen yang sudah disatukan itu.

Kemudian, rangka yang diletakan di belakang tadi dibawa kembali dan dipasangkan ke sasis dan mesin yang telah jadi satu. Terakhir, bagian para prajurit ini tinggal memasang pintu dan kap mesin. Setelah itu, mobil tersebut kembali utuh seperti semula. Menurut hindustantimes, mobil yang dibongkar pasang prajurit-prajurit BDS ini adalah Suzuki Maruti Gypsy.

Mobil SUV ini dibekali dengan mesin empat silinder 1298 cc. Dengan enjin tersebut, mobil pabrikan Jepang ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 78 tk/6000 rpm dan torsi 103 Nm/4500 rpm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini