Sukses

Perusahaan Ini Kembangkan Teknologi Pengurai Kemacetan Berbasis Artificial Intelligent

Kemacetan lalu lintas yang terjadi di kota-kota besar memang belum terselesaikan dengan baik

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan lalu lintas yang terjadi di kota-kota besar memang belum terselesaikan dengan baik. Melihat kondisi tersebut, PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (PT TKDN) membuat satu langkah nyata, untuk setidaknya mengurangi permasalahan kemacetan tersebut.

Dalam waktu dekat, perseroan tersebut akan menggarap proyek strategis dengan sistem berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligent/AI) untuk membantu mengurai kemacetan di persimpangan lampu merah bernama Intelligent Traffic Control System (ITCS) atau sistem pengendalian lalu lintas cerdas.

Pilot project ini rencananya akan diimplementasikan di kota-kota besar Indonesia.

 

Berbeda dengan ITS Traffic Light yang telah ada, ITCS yang diusung PT TKDN telah dilengkapi dengan Teknologi AI Digital Twinning 3D Generasi ke-5.

"Sistem tersebut mampu mendeteksi penumpukan kendaraan saat terjadi antrian di lampu merah dan menyesuaikan lampu lalu lintas sesuai dengan padatnya arus kendaraan di setiap ruas jalan sehingga penumpukan kendaraan di lampu merah selanjutnya dapat dihindari," jelas David Santoso, CEO PT TKDN, dalam keterangan resminya. 

Beberapa fitur yang dimiliki oleh teknologi ITCS dapat meminimalkan kemacetan lalu lintas. Yang pertama adalah Self Adjustment Time, di mana sistem akan bekerja secara real time dengan memonitor tiap kaki simpang.

Kamera yang dipasang di masing-masing kaki simpang di persimpangan jalan, akan menginformasikan kepada sistem kontrol mengenai kondisi lalu lintas secara real time.

Kemudian setiap lima detik, sistem kontrol otomatis akan menganalisa apakah diperlukan penyesuaian aktivitas lampu lalu lintas sehingga output yang diberikan dapat lebih optimal berdasarkan kondisi persimpangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsi teknologi

Lalu fungsi yang kedua dan menjadi salah satu andalan teknologi ITCS yang dimiliki perusahaan adalah Bus Priority dimana lampu lalu lintas akan beradaptasi guna meningkatkan kelancaran perjalanan kendaraan serta ketepatan waktu transportasi umum berdasarkan pantauan kamera cerdas yang dapat melakukan identifikasi kendaraan umum (Bus, Feeder, Bus Sekolah) berdasarkan bentuk atau jenis kendaraan dan pelat nomor kendaraan.

Ketiga adalah fungsi Traffic Flow Control guna mengurangi antrian kendaraan sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi lalu lintas. 

Kelebihan lainnya, teknologi ITCS sangat memungkinkan beroperasi di banyak titik persimpangan dan terintegrasi dengan persimpangan lain yang telah terpasang teknologi yang sama, sehingga kemungkinan terjadi kemacetan akibat antrian kendaraan di persimpangan selanjutnya dapat terhindar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.