Sukses

Jangan Panik, Segera Lakukan Ini saat Mobil Tiba-Tiba Terbakar

Belum lama ini, terjadi kebakaran yang melibatkan empat unit mobil yang terparkir di The Breeze Waterpark, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, terjadi kebakaran yang melibatkan empat unit mobil yang terparkir di The Breeze Waterpark, Jalan Lingkar Utara Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Diduga, kejadian pada Minggu 23 April 2023 ini karena pantulan sinar matahari yang membakar aksesori mobil.

Staf Analisa dan Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Syamsudin Noor, Putri Cahyaningsih menyebutkan jika suhu maksimum yang tercatat di stasiun pada tanggal kejadian mencapai 35,4 derajat Celsius.

Sementara itu, Kepala Seksi Humas Polres Banjarbaru, AKP Tajuddin Noor menyebutkan jika cuaca saat kejadian dengan kondisi panas terik, pihaknya juga melakukan penyelidikan untuk memastikan kejadian tersebut.

"Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah pantulan sinar matahari yang membakar bulu aksesori di bagian dashboard mobil," kata AKP Tajuddin Noor, beberapa waktu lalu.

Kasus mobil terbakar memang banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, mulai dari korsleting hingga kebakaran yang terjadi akibat kecelakaan.

Melansir Autoblog, hal pertama yang harus dilakukan saat mobil sudah mengeluarkan percikan api atau asap, adalah segera menepi.

Hentikanlah mobil jauh dari tiang listrik, kendaraan lain, atau lokasi yang kira-kira berbahaya bila terjadi percikan api yang besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah selanjutnya

Setelah menepi, segera matikan mesin sebelum keluar dari mobil. Sebab, Mesin yang dibiarkan dalam kondisi hidup bisa memicu ledakan yang besar bila api masuk ke dalam tangki bensin.

Saat keluar dari mobil utamakan keselamatan. Mementingkan barang berharga memang wajar, namun pastikan lebih mementingkan keselamatan diri dan jiwa.

Begitu berada di luar mobil, ambil jarak aman. Jangan berada terlalu dekat dengan mobil. Menjaga jarak aman ini untuk menghindari udara panas, sambaran api, bahkan ledakan yang mungkin terjadi dari mobil.

Hubungi petugas kebakaran, serta tenaga medis apabila diri terluka atau ada penumpang lain yang mengalami luka. Langkah-langkah jika mobil terbakar saat berkendara di atas bisa dilakukan dalam keadaan darurat. Saat paling penting tentu adalah tetap tenang dan utamakan keselamatan diri dan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.