Sukses

Cek 8 Bagian Ini Sebelum Mobil Dipakai Mudik Lebaran

Ada banyak hal yang mesti diperhatikan saat mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi. Selain kesiapan finansial serta kondisi tubuh yang prima, kondisi kendaraan juga mesti dicek agar saat perjalanan nanti tidak menemui kendala

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal yang mesti diperhatikan saat mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi. Selain kesiapan finansial serta kondisi tubuh yang prima, kondisi kendaraan juga mesti dicek agar saat perjalanan nanti tidak menemui kendala. 

Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 mengingatkan, setidaknya ada delapan (8) titik mobil yang wajib diinspeksi sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran. Simak selengkapnya seperti di bawah ini.

Ban

Ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan, sehingga wajib diperhatikan kondisinya. Pastikan ban dalam kondisi siap pakai, seperti telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol, dan pastikan tekanan angin terjaga.

Oli

Yang kedua periksa kondisi semua oli pada mobil, mulai dari oli mesin, oli transmisi, hingga oli gardan. Oli merupakan cairan yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen bergerak pada mesin dan sistem penggerak lainnya.

Berbagai Filter

Selanjutnya inspeksi kondisi saringan atau filter pada mobil, seperti filter udara, filter bensin, termasuk filter kabin AC yang kerap terlupakan. Peran filter tak boleh dianggap sepele karena punya fungsi sebagai penyaring kotoran.

Dampak buruk ragam filter tidak diganti secara periodik akan mengganggu kinerja mesin dan kesehatan bila berkaitan dengan fungsi sirkulasi udara.

Suspensi

Setidaknya ada 3 bagian pada kaki-kaki mobil, yakni penerus daya, kemudi, dan peredam guncangan atau shock absorber. Saat perjalanan mudik, seluruh bagian kaki-kaki bekerja keras karena beban muatan yang penuh dan kondisi jalan yang beragam.

Risiko kerusakan mudah timbul, seperti kita menghantam lubang, jalan rusak dalam kecepatan yang cukup tinggi. Ada baiknya jangan berkompromi bila terasa gejala awal kerusakan pada sistem suspensi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rem

Bagian ini juga tak boleh terlewatkan. Lakukan pengecekan mulai dari minyak rem dan segera lakukan penambahan bila volume berkurang. Selain itu cek kebersihannya, pastikan tidak ada kotoran seperti endapan lumpur yang dapat menurunkan performa rem.

Kemudian lakukan juga pengecekan pada komponen selang. Jika terjadi kerusakan biasanya ditandai dengan rembesan pada sambungan atau lekukan.

Aki

Baterai atau aki jadi salah satu komponen penting yang berkaitan dengan kelistrikan mobil yang harus dijaga. Bila terjadi masalah bisa saja pemicu korsleting listrik.

Terkhusus aki lakukan pengecekan pada alternator. Komponen akan memiliki tugas yang semakin berat ketika hujan turun, seperti harus menyalakan AC, wiper, dan lampu secara bersamaan.

Lampu

Kondisi perjalanan kadang tak bisa diprediksi, sehingga penting untuk mengecek semua komponen pendukung seperti lampu. Mulai dari lampu utama, lampu kabut, lampu rem dan juga lampu sein, apakah masih bagus atau sudah mulai redup. Cek soket lampu dan segera ganti lampu yang mulai bermasalah.

Cairan

Air radiator berfungsi sebagai pendingin agar temperatur mesin stabil, terlebih saat perjalanan jauh. Pastikan air pada tangki air radiator tidak kurang dari batas maksimal dan tidak ada kebocoran di salurannya.

Sedangkan air washer membantu wiper untuk membersihkan kaca depan agar visibilitas pengemudi tetap terjaga. Sekaligus, periksa dan pastikan wiper dalam kondisi layak pakai. Untuk pengguna mobil manual, pastikan minyak kopling dalam kondisi baik dan tidak bocor.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.