Sukses

Pakai Basis Vios, Toyota Siapkan Crossover Baru untuk Pasar ASEAN

Toyota Motor Filipina dikabarkan akan menambah model crossover baru, yang disebut Yaris Cross tahun ini

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Motor Filipina dikabarkan akan menambah model crossover baru yang disebut Yaris Cross di tahun ini. Namun pihak pabrikan masih bungkam terkait rencana tersebut.

Menurut sumber yang mengetahui hal tersebut, model ini kemungkinan bakal diluncurkan pada kuartal 1 2023. Demikian seperti disitat dari Autoindustriya, Kamis (16/2/2023). 

Sementara itu, Yaris Cross yang dibicarakan adalah model yang benar-benar terpisah dari Toyota Vios baru, karena dibuat di Jepang dan menggunakan platform TNGA-B. Sedangkan Vios baru berdasarkan platform DNGA, dan dibuat di kawasan ASEAN.

Namun, sedikit informasi terbaru, DNGA Vios baru akan mengikuti jejak Yaris TNGA-B dalam memiliki mitra crossover sendiri. Seperti diketahui, Toyota sudah memiliki crossover segmen B untuk pasar ASEAN, yaitu Raize yang ditopang platform DNGA.

Sedangkan disitat dari headlightmag, Toyota Motor Thailand dikabarkan sedang mengerjakan crossover segmen B lainnya untuk pasar negara berkembang dengan kode proyek D03B, dan akan didasarkan pada Vios DNGA baru.

Namun, crossover dengan basis Vios ini akan diposisikan lebih tinggi daripada Raize, karena ditawarkan dengan mesin bensin murni 1,5 liter atau hibrida e-Smart 1,5 liter yang secara praktis memiliki prinsip kerja yang sama dengan teknologi e-Power Nissan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daihatsu Daftarkan Paten Desain Mobil Sedan di Indonesia, Mirip Toyota Vios

Daihatsu telah mendaftarkan paten desain mobil sedan di Indonesia. Dilihat dari data yang dikeluarkan oleh dokumen Berita Resmi Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Nomor 44/DI/2022 edisi Desember 2022, model yang didaftarkan mirip dengan generasi terbaru Toyota Vios.

Pabrikan asal Jepang ini, mendaftarkan desain mobil sedan pada 30 Desember 2022, dengan Nomor Permohonan DI : A00202204663. Sedangkan pihak yang mendaftarkan, adalah Daihatsu Motor Co., LTD yang beralamat di Osaka, Jepang.

Sementara itu, perancang dari mobil sedan Daihatsu ini adalah Shun Ohoka dan Eishi Araki.

Dari tampilannya, sedan Daihatsu ini memiliki tampilan yang mirip dengan all new Toyota Vios yang diluncurkan di Indonesia beberapa waktu lalu. Model tersebut, menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Bisa jadi, model ini memang didaftarkan untuk bisa diluncurkan dan diproduksi di Indonesia. Pasalnya, all new Toyota Vios sudah tidak lagi dibuat di Tanah Air, dan produk yang dijual diimpor dari Thailand.

Jika memang sedan Daihatsu ini memang merupakan kembaran Toyota Vios generasi baru, memiliki spesifikasi yang mirip, dengan menggunakan mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc 4 silinder.

Dengan jantung penggerak tesebut, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 106 Ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 138 Nm pada 4.200 rpm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini