Sukses

Posisi Tangki Grand Filano di Bawah Dek, Yamaha Pastikan Aman

Kategori Classy Yamaha Indonesia makin bervariasi dengan hadirnya Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. Skutik bergaya retro modern itu hadir dalam dua tipe, yakni Neo dan Lux.

Liputan6.com, Jakarta - Kategori Classy Yamaha Indonesia makin bervariasi dengan hadirnya Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. Skutik bergaya retro modern itu hadir dalam dua tipe, yakni Neo dan Lux.

Salah satu yang unik dari skutik ini adalah posisi lubang pengisian tangki bahan bakar yang berada di bawah stang. Mirip dengan saudaranya Yamaha Freego.

Dengan posisi seperti ini, pengendara tak perlu repot membuka jok saat isi bensin karena lebih praktis. Untuk membuka tutupnya pun sangat mudah, hanya dengan menekan tombol 'fuel' yang berada di samping knop keyless.

Sementara posisi tangki bahan bakar berada di bawah. Tepatnya di bagian dek. Meski posisinya rendah, Yamaha mengklaim tangki dengan volume 4,4 liter itu tetap aman saat motor menerjang genangan.

 

"Grand Filano punya batas aman ketinggian air untuk dilintasi, yaitu setengah roda atau di bawah lubang knalpot. Dengan asumsi tersebut, air tidak akan masuk baik lewat air intake dan knalpot jadi motor tetap aman. Jika lebih dari itu, baiknya cari jalan lain," terang Fery Nurul Fajar, Servis Edukasi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Jakarta baru-baru ini.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pemilik Grand Filano tak perlu khawatir jika tangki terendam air dan merusak komponen di dalamnya seperti pompa bahan bakar. Pasalnya tangki tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga air tak mudah menembus ke dalam.

"Jadi tangki ini tidak dibuat telanjang, ada penutup yang melindungi sehingga air tak akan masuk ke dalam. Selama batas air masih wajar, tidak akan masalah," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Lainnya

Sekadar informasi, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected menjadi skutik matik pertama dikelasnya yang telah menggunakan TFT Sub Display, sehingga membuat tampilan digital speedometer semakin informatif dengan tampilan berwarna dan animasi seperti Welcome dan Goodbye Message, Odometer, Fuel Consumption, serta Power Assist Indicator.

Dari sisi pencahayaan, Grand Filano semakin terang karena seluruh lampu sudah menggunakan LED seperti Diamond Shaped LED Headlight, Unique LED Position Light, Front dan Rear LED Turn Signals, LED Tailight hingga lampu LED pada bagasi.

Skutik anyar ini juga dilengkapi berbagai fitur, seperti One Push Start, Smart Key System, Electric Power Socket, Y-Connect, Smart Front Refuel, lampu hazard, dan kapasitas bagasi hingga 27 liter. Ukuran ban yang digunakan untuk bagian depan dan belakang sama, yakin 110/70 - 12 inci.

Untuk harga, Grand Filano tipe Neo dibanderol Rp 27 juta dan Lux Rp 27,5 juta on the road Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.