Sukses

Biar Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Langkah Ini Saat Berkendara

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menaati peraturan di jalan yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Kendaraan pribadi merupakan primadona bagi sebagian orang untuk bekerja atau bepergian ke destinasi wisata tertentu. Kendaraan pribadi memberiian efektifitas dan efisiensi dari segala sisi, mulai dari biaya perjalanan hingga waktu tempuh.

Terlepas dari itu, Anda harus memerhatikan berkendara secara aman dan nyaman agar selamat sampai tujuan. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menaati peraturan di jalan yang ada.

Selain itu, ada pula hal lainnya yang dapat Anda lakukan agar berkendara semakin aman dan nyaman. Apa saja langkahnya? Simak di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Periksa Kendaraan Secara Rutin

Memeriksa kondisi kendaraan secara rutin dapat meminimalisir kecelakaan atau kendala mesin yang terjadi di jalan raya. Selain itu, dengan Anda memeriksa kendaraan secara rutin, fungsi dari suatu komponen kendaraan akan terjaga dengan baik.

Jika sudah memeriksa kendaraan secara rutin, niscaya kendaraan Anda akan selalu berada dalam kondisi yang sehat dan berkendara pun akan semakin aman dan nyaman.

2. Persiapkan Alat Darurat

Anda juga oerlu mempersiapkan alat-alat darurat yang dapat menyelamatkan Anda dari kondisi yang tak terduga, seperti mesin kendaraan yang mogok.

Untuk itu, setidaknya Anda harus mempersiapkan alat-alat darurat, seperti ban serep, dongkrak, segitiga hingga pengaman.

3. Hindari Ragam Hal yang Rusak Konsentrasi

Jika sedang berkendara, alangkah baiknya Anda tidak. Bermain ponsel. Aktivitas tersebut dapat membahayakan Anda ketika sedang berada di jalan. Ponsel dapat mempengaruhi konsentrasi sehingga Anda kurang awas degan kondisi jalan.

3 dari 3 halaman

4. Istirahat Jika Lelah

Sudah banyak kecelakaan terjadi akibat pengendara kelelahan. Untuk itu, jika Anda merasa lelah, ada baiknya untuk menepi dan istirahat sejenak. Tubuh yang lelah dapat menurunkan fokus dan konsentrasi Anda ketika berkendara.

5. Jaga Jarak Aman

Anda juga perlu menjaga jarak dengan kendaraan lainnya ketika di jalan raya. Anda bisa mengatur jarak aman dengan kendaraan lainnya 30 meter. Hal tersebut bertujuan agar tersedia ruang pengereman, sehingga risiko kecelakaan dapar berkurang.

Itu lima langkah supaya berkendara Anda semakin aman dan nyaman. Saat berkendara, Anda juga bisa menyiapkan satu buah botol air mineral ya! Langkah tersebut bertujuan untuk membantu Anda agar tetap fokus dalam berkendara.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini