Sukses

Jangan Asal Pasang, Kenali Dulu Ciri-Ciri Lampu LED yang Berkualitas

Penggunaan lampu jenis LED untuk mobil atau sepeda motor, memang tengah menjadi tren

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan lampu jenis LED untuk mobil atau sepeda motor, memang tengah menjadi tren. Tidak hanya lebih terang dan lebih hemat daya, penggunaan komponen penerangan jenis ini juga bisa lebih tahan lama.

Agar tidak salah dalam memilih lampu LED, RTD by Rayton Indonesia memberikan beberapa tips dalam memilih lampu LED terbaik. Hal pertama yang harus diperhatikan, adalah pastikan merek lampunya dikenal luas dan memiliki distributor resmi di Indoensia.

Bohlam LED bermerek terkenal umumnya telah melewati uji kualitas, sehingga dijamin memiliki durabilitas tinggi.

Seperti halnya produk RTD by Rayton, yang telah lulus QC (Quality Control) dengan berbagai parameter pengujian ketat. Selain itu, bohlam LED Rayton juga telah dibekali relay, heat sink, ataupun kipas agar bohlam LED tidak mudah panas.

Kemudian, pastikan pilih bohlam lampu LED yang sinarnya terfokus tidak melebar. Lalu, pastikan juga bohlam LED tak mudah mati ketika terkena goncangan.

Tak kalah penting, sesuaikan temperatur warna bohlam LED. Semisal kegunaannya untuk lampu utama, lampu senja, lampu dim atau buat lampu kabut. Tujuannya agar tidak menyilaukan dan membahayakan pengendara lain.

Untuk lampu utama, sebaiknya pilih temperatur 4.300K (Kelvin) berwarna putih kekuningan. Atau temperatur 6.000K berkelir putih bening. Lampu dim, temperatur yang disarankan adalah 4.300K sehingga tak bikin silau pengendara lain dari arah berlawanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Lampu

Adapun untuk lampu kabut dianjurkan pakai temperatur 2.800 - 3.000K berwarna kuning keemasan, atau bisa pakai 4.300K berwarna putih kekuningan agar sorotannya sanggup menembus derasnya hujan dan kabut.

Berbicara produk, Tommy, National Sales Manager Rayton Indonesia menjelaskan pihaknya memiliki 3 segmen varian lampu LED, yaitu tipe standard, tipe middle atau menengah, dan tipe premium. Semua tipe ini tentunya dengan spesifikasi OEM Quality.

"Perbedaan tiga tipe lampu RTD by Rayton terletak di build quality, harga, uniqness dan value dari masing-masing segmen tersebut," ujar Tommy, dalam keterangan resmi, Jumat (12/9/2022).

Menyoal harga, untuk tipe standar Rp 150 ribuan, tipe middle harga antara Rp 250 hingga Rp 300 ribuan. Sementara untuk tipe premium di atas Rp 300 ribuan, dan tidak lebih dari Rp 600 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.