Sukses

Mencari Oli Mesin yang Cocok Buat Kendaraan dari Genggaman Tangan

Sering terjadi salah kaprah di kalangan bikers terkait pelumas atau oli mesin mobil digunakan untuk mesin motor matik. Jika hal ini terus dilakukan maka mesin motor matik berpotensi mengalami kerusakan.

Liputan6.com, Jakarta - Sering terjadi salah kaprah di kalangan bikers terkait pelumas atau oli mesin mobil digunakan untuk mesin motor matik. Jika hal ini terus dilakukan maka mesin motor matik berpotensi mengalami kerusakan.

"Walau SAE-nya sama, sangat tidak disarankan menggunakan oli mobil untuk motor. Dari kapasitasnya volume isi olinya saja tidak sama, apalagi kandungan yang berbeda antar keduanya," terang Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist dari PT Pertamina Lubricants (PTPL).

Dirinya juga menyebutkan, meski kandungan aditif pada oli mesin mobil lebih banyak ternyata tidak menjamin performa mesin motor matik jadi lebih baik.

"Kandungan Aditif maupun Base Oil pada oli mesin mobil tentu berbeda dengan kandungan Base Oil & Aditif pada oli motor yang memiliki dimensi mesin lebih ringkas" kata Brahma.

Karena itu, sebaiknya gunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan dan peruntukannya.

Guna mempermudah masyarakat dalam memberi informasi terkait pemilihan oli mesin kendaraan yang sesuai, PTPL menghadirkan situs Dr.Lube. Situs ini bisa diakses melalui ponsel sehingga bisa mencari informasi seputar oli mesin  dimana dan kapan saja.

Cukup dengan memilih merek, varian dan tipe kendaraan, Dr.Lube akan langsung menampilkan oli mesin yang direkomendasikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk Segala Jenis Kendaraan

Tidak cuma untuk sepeda motor, pengguna mobil maupun truk juga bisa mencari dan mengetahui pelumas dengan spesifikasi seperti apa yang cocok untuk kendaraannya.

"Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, cukup dengan mengakses dari link drlube.pertaminalubricants.com. Kemudian konsumen bisa memilih jenis kendaraan (mobil, motor atau bus/truk)," jelas Brahma.

"Selanjutnya, konsumen memilih merek kendaraan, pilih tipe dan varian spesifik kendaraan Anda, dan Dr Lube akan menampilkan referensi pelumas, semudah itu,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini