Sukses

Ingin Usir Jamur yang Membandel Pada Kaca Mobil? Gunakan 6 Bahan Sederhana Ini ya!

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini, cuaca sulit diprediksi. Terkadang pagi hingga siang kondisi teriknya minta ampun, siang ke sore kondisi hujan tak kenal ampun, malam hari kembali kondisi kering. Selain bisa menggaggu daya tahan tubuh, kesehatan kendaraan pun bisa terganggu.

Dengan kondisi seperti itu, munculnya jamur pada kaca mobil akibat tetes hujan yang turun dan sudah mengering sendirinya sebelum kita bersihkan, sangat besar potensinya. Seperti yang kita tahu, kaca mobil merupakan salah satu komponen pada mobil yang cukup penting.

Kaca berfungsi untuk menjaga visibilitas kita dalam berkendara. Jika ada kotoran atau bahkan jamur yang menempel pada kaca, visibilitas akan sangat terganggu dan kenyamanan dalam berkendara sulit untuk didapatkan. Nah, untuk itu, kalian harus menjaga kondisi kaca agar terhindar dari jamur dan kotoran lain yang membandel ya!

Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil secara efektif dan juga tepat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

1. Gunakan Baking Soda

Baking soda bisa menjadi senjata ampuh dalam menghilangkan jamur pada kaca mobil. Selain bisa digunakan untuk memasak kebutuhan dapur, bahan satu itu juga bisa secara efektif menghilangkan jamur pada kaca mobil.

Baking soda bisa menyerap sisa kelembaban yang mendorong tumbuh kembangnya jamur pada kaca mobil. Cara mengaplikasikannya, kalian tinggal letakkan baking soda yang sudah dicampur oleh air sehingga membentuk larutan pembersih yang kuat, lalu semprotkan ke bagian kaca mobil.

Bahan satu itu bisa menjadi solusi pembersihan kaca mobil yang paling umum dan sederhana ya! Juga, dengan cara itu, kalian bisa menghemat pengeluaran untuk perawatan mobil!

2. Gunakan Pembersih Jamur Khusus

Apabila dengan baking soda masih ada jamur yang membandel, kalian harus mencari cara yang khusus dan spesifik ya! Jika tidak ingin pergi ke bengkel, kalian harus perhatikan secara teliti, kompon yang kalian gunakan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Itu bertujuan untuk menghindari kaca dari kerusakan yang akan ditimbulkan, seperti lecet.

Ketika kompon sudah disiapkan dan dirasa tepat bahannya, kalian bisa memilih pembersih khusus jamur pada kaca mobil yang tersedia di pasaran. Kalian bisa memilih pembersih jamur pada kaca mobil yang ada scrub-nya. Setelah itu, bisa kalian olesi dengan pembersih kaca tambahan agar kaca tetap bersih dari jamur.

Yang harus diingat, kalian bisa melakukan ini sendiri, tapi hasilnya tidak ada yang instan. Kalian harus rutin melakukan aktivitas tersebut setelah hujan deras ya!

3. Gunakan Pemutih Pakaian

Selain noda membandel pada pakian bisa dihilangkan, pemutih pakaian juga bisa membasmi jamur yang membandel pada kaca mobil lho! Kalian tinggal basahi kain yang lembut menggunakan cairan pemutih secukupnya.

Lalu, gosokkan kain tersebut secara perlahan ke bagian jamur yang ada pada kaca mobil sampai benar-benar bersih. Eits, jangan sampai lupa, gunakan kain yang lembut ya agar kaca pada mobil tidak lecet.

3 dari 3 halaman

4. Gunakan Cuka Apel

Mungkin cuka apel asing terdengar di telinga ya, kalau bukan bahan untuk membuat masakan, mungkin bisa untuk perawatan wajah. Eits, ternyata cuka apel juga bisa digunakan untuk membersihkan jamur yang membandel pada kaca mobil lho!

Kalian bisa mencampurkan tiga sendok cuka apel dengan satu liter air. Lalu, ambil kain yang lembut dan campurkan pada larutan tersebut. Terakhir, kalian gosokkan ke bagian kaca yang terkena jamur ya!

5. Gunakan Alkohol

Selain bisa untuk menghilangkan rasa sakit yang ada pada tubuh, alkohol juga bisa menghilangkan jamur yang membandel pada kaca mobil. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, kalian tinggal celupkan kapas ke dalam alkohol yang kadarnya di atas 60%, lalu gosok secara perlahan ke kaca mobil yang terkena jamur.

6. Gunakan Pasta Gigi

Bahan satu ini sudah menjadi rahasia umum kalau bisa menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cara ini merupakan salah satu cara alami yang cukup ampuh lho! Dengan berbagai kandungan yang terdapat pada pasta gigi, bahan tersebut mampu menghilangkan jamur yang membandel pada kaca mobil.

Cara pengaplikasiannya pun mudah, kalian tinggal oleskan pasta gigi ke bagian kaca mobil yang terkena jamur, lalu diamkan beberapa menit sampai pasta gigi mengering. Lalu, kalian tinggal bilas pasta gigi dengan kain lembut ya!

Itulah 6 bahan yang bisa menghilangkan jamur yang membandel pada kaca mobil. Bahan-bahan tersebut sangatlah mudah didapat dan mudah diaplikasikan ketika kalian ingin menghilangkan jamur pada kaca mobil.

Tapi, yang harus diingat adalah, tidak ada yang instan, semuanya butuh proses. Dan jika kalian ingin membersihkan jamur pada kaca mobil secara sendiri, kalian harus rutin melakukannya agar hasilnya bisa maksimal ya!

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS