Sukses

Tak Minta Macam-Macam, Produksi Mobil Listrik Wuling Diapresiasi Menko Airlangga

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik Air ev yang diproduksi Wuling Motors (Wuling) di dalam negeri mendapat apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto. Menurutnya, langkah yang dilakukan pabrikan Tiongkok itu tidak seperti pabrikan lain.

"Kami apresiasi bahwa ini adalah kendaraan BEV yang diproduksi secara nasional dan tidak minta macam-macam. Langsung diproduksi saja," terangnya di pabrik Wuling di Greendland International Industrial Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

"Ini merupakan suatu hal yang membuktikan kebijakan yang diambil oleh pemerintah sudah sangat tepat dan berbeda dengan (pabrikan) yang lain di sini (Wuling) lebih banyak kerja dari berbicara," tambah Menko Airlangga.

Dirinya juga menyambut baik langkah Wuling yang ikut berkontribusi dalam KTT G20 di Bali. "Saya juga berterima kasih, dalam pelaksanaan KTT G20 Wuling berpartisipasi dengan menyediakan 300 BEV," katanya.

Sebelum seremonial peresmian produksi perdana Wuling Air ev buatan Indonesia, Menko Airlangga bersama Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita sempat melihat proses perakitan, serta menjajal Wuling air ev secara langsung.

"Saya sudah coba, enggak ada suaranya dan warnanya cocok sekali," ujarnya.

Dirinya berharap, Wuling Air ev yang hari ini diluncurkan bisa mendapatkan perhatian publik karena harganya terjangkau dibandingkan dengan produk mobil listrik lainnya.

"Tentunya kita berharap ini akan sukses untuk mendapatkan perhatian publik karena saya monitor harganya juga cukup terjangkau dibandingkan dengan EV yang lain," tutup Menko Airlangga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Debut Global Wuling Air ev Berlangsung di Indonesia

Wuling Motors (Wuling) akhirnya resmi meluncurkan mobil listrik perdananya, Wuling Air ev. Debut global Wuling Air ev berlangsung di pabrik Wuling di Greendland International Industrial Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Presiden Direktur Wuling Motors Shi Guoyong mengatakan, kendaraan listrik yang diluncurkan hari ini adalah kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) terbaru yang dikembangkan oleh Wuling untuk dunia dan Indonesia telah menjadi stasiun peluncuran perdana.

"Kami telah membawa teknologi terbaru ke Indonesia dan demi dapat menyesuaikan strategi dan penerapan penghematan energi global, serta pengurangan emisi. Dan pastinya juga mendorong perubahan besar di seluruh rantai industri otomotif Indonesia mulai dari penelitian dan pengembangan produk, manufaktur, komponen-komponen penting, konsumen dan sebagainya," terangnya saat peluncuran.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita turut menghadiri acara bertajuk 'Peluncuran produksi perdana Wuling Air ev Buatan Indonesia' itu. Kedua sempat melihat proses perakitan, serta menjajal Wuling air ev secara langsung.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh jajaran SGMW Motor Indonesia atas produksi mobil EV yang diketahui ini merupakan jenis dan tipe perdana artinya ini baru ada di Indonesia, belum ada di negara lain. Selamat," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto.

Wuling Air ev sendiri baru akan diluncurkan secara resmi di GIIAS 2022 pada 11 Agustus mendatang. Spesifikasi lengkap berserta harga juga baru akan diumumkan pada pameran otomotif berskala internasional tersebut.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS