Sukses

Toyota Sienta Terbaru Siap Meluncur, Intip Bocorannya

Liputan6.com, Jakarta - Toyota dikabarkan sedang menyiapkan Sienta terbaru. Berbeda dengan yang dijual sekarang, Sienta nantinya akan mendapatkan pembaruan dari berbagai sisi.

Toyota Sienta akan mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA) berkode "GA-B" yang diklaim lebih praktis dan aman dibanding sasis yang digunakan saat ini. Penggunaan platform tersebut juga membuat bodi menjadi lebih besar.

Fitur keselamatan MPV ini juga menerima upgrade. Sistem Toyota Safety Sense (TSS) bawaannya kini bisa mendeteksi berbagai macam pengguna jalan, seperti manusia, pesepada dan sepeda motor.

Soal performa mobil ini dikabarkan akan mengusung mesin dari Toyota Yaris di Jepang. Lebih tepatnya mesin 1.500cc tiga silinder naturally aspirated atau dengan tambahan hybrid.

Tanggal peluncuran

Toyota Sienta dikabarkan meluncur dalam waktu dekat.  Melansir kotsu-times.jp, Jumat (1/7/2022), All New Toyota Sienta secara resmi akan dirilis pada tanggal 2 Agustus 2022.

Situs tersebut juga mengunggah tampang Toyota Sienta terbaru yang cukup mendekati wujud resminya kelak. Wujud MPV ini digambarkan sebagai render digital.

Dari bocoran tersebut, fascia depan Sienta didominasi oleh grill menyerupai bentuk oval yang besar dengan garnish berwarna perak di sekitarnya. Sementara lampu depan mobil ini menggunakan sepasang projector dengan DRL LED melingkarinya.

Sisi samping cukup mendekati bentuk Sienta saat ini, namun dengan sejulah perubahan di bagian detail. Paling mencolok adalah adanya body cladding berwarna hitam di sekitar roda depan dan belakang. Lalu kaca pilar D dibuat floating, menyatu dengan kaca mobil.

Masuk Indonesia?

Toyota Sienta hingga saat ini masih dijual secara resmi di Indonesia. Mobil tersebut bisa dibilang kalah pamor dengan MPV Toyota lainnya, termasuk Avanza dan Veloz.

Penjualan Toyota Sienta di Indonesia cukup rendah. Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Mei 2022, Sienta hanya mencatat penjualan sebanyak 2 unit. Sedangkan Toyota Veloz mencatat angka 938 unit di periode yang sama.

Untuk mendongkrak pamor sekaligus menaikkan volume penjualan, boleh jadi Toyota Sienta terbaru juga akan hadir Indonesia. Menarik untuk ditunggu.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Toyota Luncurkan Mobil Baru pada 7 Juli 2022, Model Apa?

Toyota berencana untuk meluncurkan mobil yang diberi sentuhan baru. Hanya saja, belum ada bocoran model mana yang akan mendapatkan sentuhan khusus. Namun, kuat indikasi bila ia bukan merupakan model facelift, melainkan sebatas upgrade dengan interior edisi khusus.

Berdasarkan undangan yang diterima redaksi otosia.com dari Auto2000, Kamis (30/6/2022), mobil Toyota yang meluncur pada 7 Juli 2022 mendatang merupakan limited edition hasil kerja sama dengan Iwan Tirta. Peluncurannya dalam rangka ulang tahun Astra ke-65.

Mobil Toyota edisi terbatas tersebut bertemakan Amarga Branandaru. Berasal dari bahasa Sanskerta. Istilah itu bermakna karya cipta sebagai harta yang berharga (legacy), sekaligus juga karya cipta bagi harta yang paling berharga (yaitu keluarga).

Kuat dugaan interior mobil akan mengambil motif tradisional batik mengingat Iwan Tirta merupakan seorang seniman batik ternama di Tanah Air.

Informasi dari salah seorang tenaga pemasaran gerai Auto2000, besar kemungkinan model Toyota edisi terbatas tersebut adalah MPV Innova. Apalagi ada unsur keluarga dalam konsep kolaborasi tersebut yang juga identik dengan Innova.

Almarhum Iwan Tirta sendiri dikenal sebagai maestro batik kelahiran Blora, Jawa Tengah. Pemilik nama asli Nusjirwan Tirtaamidjaja tutup usia pada tanggal 31 Juli 2010 silam di Jakarta.

Lantaran konsisten mempromosikan batik kepada dunia internasional, pada 13 Agustus 2015 lalu, Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Budaya kepada putra berdarah Sunda dan Minangkabau ini.

Sumber: Otosia.com